Menu

Masyarakat Nelayan Pesisir Ikut Kawal Rekomendasi Pansus KIP 

  • Written by 
Masyarakat Nelayan Pesisir Ikut Kawal Rekomendasi Pansus KIP 

BELITUNG TIMUR ; Perwakilan Nelayan Pesisir Belitung Timur  akan mengawal  hasil kerja Pansus KIP  DPRD Belitung  Timur.

Hal tersebut dikatakan Heru.Tengong, yang mewakili para nelayan pesisir Kecamatan Gantung kabupaten Belitung yang merasa terancam atas keberadaan Pansus KIP tersebut.

"Pansus KIP sudah meresahkan kaum nelayan di daerah, dan kami siap mengawal  rekomendasi Pansus produk DPRD," ujarnya saat ditemui majalahpotretindonesia.com di kediamannnya di Kecamatan Gantung, baru-baru ini.

Menurut Heru, pihaknya akan ikut mengawal  hasil rekomendasi Pansus KIP, karena bila tidak dikawal akan dikwatirkan bisa melenceng dari aspirasi kami selaku nelayan pesisir.

"Prinsipnya kami  tetap menolak adanya zonasi tambang laut di wilayah perairan Belitung,  setelah pasca tambang timah  darat masyarakat umum beralih profesi  mencari nafkahnya sekarang di laut," ungkap Heru.

Para nelayan disini, lanjut Heru terus bermimpi punya 1 juta rumpon untuk memudahkan penghasilannya. namun tidak bagi bagi  nelayan pesisir, mereka  lebih mudah terjangkau walaupun hanya menggunakan perahu kecil ukuran 1/5 ton.

"Jadi kami berharap, kedepan pemerintah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya  yang tinggi untuk membantu nelayan, pemerintah cukup membantu dengan perahu kecil saja sudah cukup." terang Heru.

Senada dengan Heru, Junaidi salah seorang perwakilan nelayan asal Kelapa Kampit juga mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap hasil rekomendasi Pansus KIP.. " Kami dari nelayan tidak puas terhadap Kampit Tin, disini ada perbedaan antara tambang timah rakyat dan swasta maka dari itu kami minta DORD  membubarkannya.

Menurut dia,  jika  ada temuan pelenggaran,   kenapa Pansus KIP tidak mengambil tindakan tegas. 

"Intinya kami dari masyarakat nelayan akan terus ikut mengawal rekomendasi Pansus KIP  agar idak menyeleweng dari kepentingan masyarakat khususnya masyarakat nelayan yang tinggal di pesisir wilayah peraiaran kabupaten Belitung Timur, " pungkas Junaidi. ( Niza karyadi)

 

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.