Menu

Terkait Penambangan di Laut, Sikap Pansus KIP DPRD Kabupaten Beltim Tidak Jelas

  • Written by 
Terkait Penambangan di Laut, Sikap Pansus KIP DPRD Kabupaten Beltim Tidak Jelas

BELITUNG TIMUR ; Rekomendasi Pansus Kapal Isap dan Tambang Laut (KIP) yang dibacakan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Belitung Timur pada tanggal 6 Februari 2018 bersikap "abu-abu" dalam memutuskan pertambangan laut di wilayah peraiaran Beltim.

" ini yang jadi pertanyaan masyarakat, ormas dan LSM di daerah," demikian dikatakan Ketua Wakasbangda kabupaten Beltim Rudi Jw kepada awak media di kediamannya, Manggar, Jumat (9/2/2018).

Tidak cuma itu, Rudi pun menilai kinerja  pansus KIP DPRD kabupaten Beltim juga tidak subtantif. Menurut dia, Pansus KIP tersebut tidak bakalan mampu mengurai persoalan penambangan timah di wilayah perairan Beltim, kalau tujuannya hanya untuk mencari -cari kelemahan suatu perusahaan.

" Pansus KIP inikan dibentuk menggunakan kas daerah sebesar Rp 149 juta, alangkah sayang uang sebesar itu hanya dipakai untuk kumpul-kumpul dan makan-makan anggota dewan saja tapi bukti dari kerja masih nol, " ungkap Rudi. 

Apalagi lanjut dia, Pansus KIP tidak melibatkan pihak-pihak yang kompeten di bidangnya, akibatnya kesimpulan yang dibuat tidak mendasar dan diragukan kebenarannya, 

"Salah satu contoh, Pansus KIP mempertanyakan iuran tetap pada tahap eksplorasi. "Logikannya dirjen mineral dan batubara tidak akan mengumumkan c & c -nya, kalau kewajiban iuran tetap belum dibayarkan," tukas Rudi.

Termasuk soal alamat kantor, dan afiliasi perusahaan yang notabene adalah bukan subtansi dari dasar pencabutan IUP.

"Masalah RKAB, dokumen tahunan perusahaan sebagai laporan dan rencana pelaksanaan kegiatan setiap tahun juga dipersoalkan oleh Pansus KIP. "nnformasi ini seharusnya dimintai langsung dari pihak perusahaan baru kemudian disingkronkan dengan data yang ada di Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Bangka Belitung," terangnya

Dan, apakah ini memang sudah menjadi keputusan politik DPRD atau hanya keputusan beberpa orang anggota DPRD? "Ini juga tidak cukup alasan bagi Pansus KIB yang tidak bersikap penuh soal tambang laut menolak atau menyetujui, " pungkasnya. (niza karyadi)

 ( Niza karyadi)

  

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.