Menu

Salah Bayar Tanah, UIP PLN Ambon Bertemu Raja Lilialy

AMBON ; Larangan Raja petuanan Lilialy, Husein Bessy akhirnya ditanggapi pihak UIP PLN Wilayah Ambon. 

Pasalnya, pekerjaan PLTA di Desa Lala Kecamatan Namlea Kab. Buru provinsi Maluku tidak berkoordinasi dengan Raja Petuanan. 

Sementara PLN hanya berkoordinasi dengan Ferry Tanaya selaku penjual tanah, sementara kepemilihan tanah Ferry Tanaya mtidak memiliki kekuatan hukum. 

Hal ini membuat PLN wilayah Ambon yang beralamat di Desa Galala melakukan pertemuan dengan pihak terkait guna membahas larangan raja petuanana Lilialy atas aktifitas pelerjaan tersebut. 

"Pihak PLN melakukan mediasi dengan kami selaku petuanan Lilialy atas lahan PLTA yang dibangun di wilayah kami adat petuanan kami di Buru," ungkap Kapala Soa Hatlesi Usman kepada koran ini, Sabtu (23/4/2018). 

Dirinya menambahkan dalam pertemuan yang dihadiri Deputi UIP PLN wilayah Ambon Malawat, Andi bagian hukum dan firman pelaksana lapangan

Selain itu juga dihadiri oleh staf kejaksaan Tinggi Maluku, staf Polres Buru, Moch Mukadar dan Raja Lilialy Bp Husein Bessy beserta kepala-kepala Soa Petuanan. 

Dalam pertemuan Raja Lilialy minta pihak PLN untuk mejelaskan status jual beli dan bukti kepemilikan lahan empat hektar yang akan dibangun PLTA. 

"Pihak PLN mengungkapkan lahan tersebut di beli dari Tan Lie Tien Alias Ferry Tanaya tahun 2016," jelansya. 

Ditambahkan, dalam pertemuan tersebut Raja liliali minta bukti kepelikan PLN menyerahkan copy surat permohon izin sewa lahan kepada Gubernur Gendral Belanda di Makassar tahun 1921 dengan luas 83 bauw.

Pemerinta Belanda memberikan izin sewa kepada Z Wacano pada 3 January 1938 dengan status tanah sewaan jangka waktu 75 tahun sesuai akta Erpak tahun 1921.

"Pada saat kami mempertanyakan keabsahan surat erpak sebagai dasar jual beli, status lahan tersebut bukan milik Z Wacano, surat jual beli dengan ahliwaris Z wakano tidak sah," tegasnya. 

Baginya, lahan yang dimohon Wakanno sebagai milik Sewa salama 75 tahun dari tahun 1930 dan berakhir 2008, sehingga tanah tersebut bukan lagi tanah hak milik Z Wakanno. 

"Lahan dibebaskan kurag lebih 4,8 Ha... kami juga menysmpaikan pihak PLN telah kecolongan dalm pembebasan lahan PLTU di Desa Lala kepada orang yang bukan haknya," tudingnya. 

Usman mengungkapkan pihak PLN kecolongan atas lahan yang dibeli dari  Feri Tanaya pada tahun 2016. 

"Ferry Tanaya menjual  lahan kepada UIP PLN tahun 2016 dimana perkara dalam status perkara di MA, Ferry Tanaya melakukn PK Terhadap putusan kasasi M Mukaddar dan tanggal 30 Mei 2017 PK Feri Tanaya ditolak oleh MA," ujarnya. 

Akta Erpak yang dikeluarkan pemerintah Belanda tanggal 3 January 1938 adalah tanah sewaan dengan jangka waktu 75 tahun dan berakhir tahun 2008. 

Hal ini sesuai sesuai undang-undang pokok Agraria tahun 1960 dan peraturan lainnya lahan tersebut di kembalikan kepada hak ulayat petuanan Liliali sebagai pemilik sah tanah Adat Petuanan Liliali. (Saleh Tuhuteru)

 

Read more...

Panglima TNI: Prajurit TNI dan Polri Tak Boleh Sakiti Hati Rakyat

BANDUNG ; Panglima TNI Marsekal TNI  Hadi Thahjanto menghimbau kepada seluruh Prajurit TNI dan Polri untuk tidak melakukan tindakan yang tidak terpuji terutama tindakan yang menyakiti hati rakyat seperti penyalahgunaan narkoba, perilaku asusila, menjadi backing dan lain sebagainya."Prinsipnya semua tindakan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat kepada Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia harus dijauhi oleh prajurit, demikian ditegaskan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian ketika memberikan pengarahan dihadapan 3.100 Prajurit TNI dan Polri se-Jawa Barat, bertempat di Grand Ballroom Sudirman, Jl. Jend. Sudirman No. 620, Dungus Cariang, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/4/2018)

Kepercayaan rakyat kepada TNI-Polri yang begitu besar jangan sampai dinodai, dirusak atau dihancurkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. 

"Salah satu tindakan yang dapat merusak kepercayaan rakyat kepada TNI dan Polri adalah kegiatan yang melanggar disiplin maupun hukum. Kerenanya tetap jaga dan pelihara soliditas dan solidaritas TNI dan Polri hingga terjalin antar individu sebagai modal dasar melaksanakan peran, fungsi dan tugas masing-masing serta menjadi teladan bagi stakeholders maupun komponen masyarakat,” ujar Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Ia menegaskan, bahwa TNI dan Polri sebagai aparat negara harus berdiri tegak di atas semua golongan, dan mampu menjadi perekat kemajemukan dalam menjaga kebhinnekaan. Prajurit TNI dan Polri juga senantiasa melaksanakan tugas dengan tulus ikhlas serta tidak mengenal menyerah.

Dihadapan ribuan Prajurit TNI dan Polri se-Jawa Barat, Panglima TNI kembali mengingatkan bahwa hingga saat ini TNI dan Polri sebagai aparat negara, masih mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi dari rakyat dalam menjaga pertahanan dan keamanan di Bumi Pertiwi ini. “Oleh karena itu, tugas yang dilakukan oleh TNI dan Polri harus senantiasa tetap menjaga kehormatan, nama baik, kepercayaan dan amanah dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Terkait Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa sudah menjadi tugas TNI dan Polri untuk menjamin kelancaran, keamanan dan kesuksesan Pilkada Serentak 2018 maupun Tahapan Pemilu 2019. “Tugas-tugas tersebut meliputi pengamanan distribusi logistik dan pengamanan saat masa kampanye, pelaksanaan dan penetapan hingga pasca penetapan, terutama jika didapati adanya sengketa hasil Pilkada,” jelasnya.

Kedatangan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, Aster Panglima TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., Pangdam III/Slw Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr.(Han), Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si., Kapolda Banten Brigjen Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan pejabat lainnya, disambut dengan persembahan Tari Sisingaan Jawa Barat. {Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono }

 

Read more...

Bakamla RI Teken Kerja Sama dengan Coast Guard Yunani 

YUNANI ;  Badan Keamanan Laut {Bakamla} RI terus berupaya memperkuat kinerjanya. Salah satu cara yang ditempuh adalah memperkuat kerja sama dengan sejumlah negara yang dikenal konsen terhadap pengamanan wilayah perairannya.

Teranyar Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo menandatanagi surat perjanjian kerjsa sama {letter of intent} dengan Komandan Penjaga Pantai Yunani (Commandant of the Hellenic Coast Guard) Laksdya Stamatios Raptis di bidang peningkatan kapasitas bersama HCG di Piraeus, Yunani, Jumat, {20/4/2018} kemarin.

Penandatangan baru didilaksanakan setelah dua hari, karena sebelumnya berlangsung pembahasan intensif lebih dulu antara delegasi Indonesia yang dengan jajaran HCG, Rabu (18/4).

Dalam penandatanganan LOI,Jumat (20/4/2018} kemarin, kedua pihak sepakat membangun kerja sama bilateral dalam berbagai bidang, diantaranya yaitu berbagi pengalaman dan praktek-praktek terbaik bidang penghadangan di laut termasuk Visit, Board, Search, Seizure (VBSS), memerangi kegiatan perikanan ilegal, yang tidak diatur dan tidak dilaporkan, serta pencegahan perlintasan batas secara tidak sah di laut, dan juga SAR (Search and Rescue) atau Pencarian dan Penyelamatan.

Selain itu kedua pihak juga telah menyepakati berbagi informasi pengembangan kapasitas organisasi dan kebijakan, serta sepakat pula untuk menjajaki kemungkinan bertukar spesifikasi teknis peralatan penting dan bentuk-bentuk kerja sama lain guna meningkatkan penegakan hukum di laut dan pengumpulan informasi. {mardiono}

 

Read more...

TNI-Polri Motivator Perekat Persatuan dan Kesatuan

PALEMBANG ; Eksistensi, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan di pundak Prajurit TNI-Polri. Untuk itu, TNI dan Polri harus menjadi solusi dan motivator perekat persatuan dan kesatuan.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Kasad Jenderal TNI Mulyono, saat memberikan pengarahan dihadapan 5.000 Prajurit TNI dan Polri se-wilayah Sumatera Selatan, bertempat di Gedung GOR Palembang Sports Convention Center (PSCC), Jl. POM IX No. 1 Lorok Pakjo, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (20/4/2018).

Panglima TNI mengungkapkan bahwa hingga saat ini TNI dan Polri sebagai aparat negara, masih mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi dari rakyat dalam menjaga pertahanan dan keamanan di Bumi Pertiwi ini. “Oleh karena itu, apapun yang dilakukan oleh TNI dan Polri harus senantiasa tetap menjaga kehormatan, nama baik, kepercayaan dan amanah dengan sungguh-sungguh,” katanya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, anggota TNI-Polri yang bertugas di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya patut merasa terhormat dan bangga, karena mendapat kepercayaan untuk mendedikasikan pengabdiannya di wilayah yang luas dengan permasalahan yang kompleks dan menuntut pengabdian yang tulus. “Tidak banyak prajurit mendapatkan kesempatan dan pengalaman yang sangat berharga seperti ini.  Saya memahami bahwa bertugas di Sumatera Selatan dan sekitarnya tidak ringan, karena memiliki keunikan dan tantangan tersendiri,” jelasnya.

Panglima TNI mengatakan bahwa contoh pentingnya persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan dalam bentuk kerja sama yang baik adalah penanganan kasus narkoba yang saat ini semakin marak.  “Beberapa waktu yang lalu TNI-Polri berhasil menyita narkoba dalam jumlah yang fantastis. Demikian pula keberhasilan penanganan penyanderaan di Papua oleh kelompok separatis bersenjata,” ungkapnya.

Di sisi lain Panglima TNI  kembali mengingatkan  bahwa kegiatan politik pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan Pilkada serentak di 171 wilayah seluruh Indonesia dan Tahapan Pemilu 2019 tentunya akan diwarnai dengan pengerahan massa dan kampanye.  Kegiatan tersebut rawan disusupi oleh berbagai isu negatif dan berpotensi untuk berkembang menjadi tindakan yang lebih ekstrim atau terjadinya tindakan anarkisme.  “TNI dan Polri harus memegang teguh netralitas dan bagi prajurit TNI hanya ada satu komando tegak lurus dari Panglima TNI,” tegasnya.

“Saya beserta Kapolri sepakat bahwa sudah menjadi tugas TNI-Polri dalam Pilkada serentak 2018 maupun Tahapan Pemilu 2019 untuk menjamin kelancaran, keamanan, dan kesuksesannya. Tugas tersebut meliputi pengamanan distribusi logistik, kampanye, pelaksanaan dan penetapan, hingga pasca penetapan hasil Pilkada, yang harus berjalan tertib dan aman,” kata Panglima TNI.

Pada kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kasad Jenderal TNI Mulyono beserta pejabat TNI lainnya, melaksanakan makan bersama prajurit TNI dan Polri se-wilayah Sumatera Selatan. “Makanan dan kuliner khas Palembang memang sangat enak rasanya,” ucap Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. {Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cah}

Read more...

Kata Panglima TNI, Sinergi TNI-Polri Mampu Cegah Potensi Timbulnya Permasalahan

ACEH : Terwujudnya sinergi, soliditas dan solidaritas antara TNI-Polri dengan Pemda, tokoh masyarakat; tokoh agama; tokoh adat dan tokoh daerah serta berbagai komponen masyarakat lainnya mampu mencegah potensi timbulnya permasalahan yang dapat menyebabkan terganggunya keamanan dan kenyamanan di wilayah.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat memberikan pengarahan dihadapan 3.000 personel TNI dan Polri se-wilayah Nanggroe Aceh Darusalam (NAD), diawali makan siang bersama prajurit, bertempat di Hall Harapan Bangsa Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Kamis (19/4/2018).

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa sinergitas dan soliditas TNI dan Polri dengan komponen bangsa lainnya sangat terasa dimana situasi wilayah menjadi kondusif, rakyat merasa tenang dan aman dalam menjalankan kehidupannya, seluruh stake holder dapat menjalankan tugasnya masing-masing dengan lancar.

Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa bangga kepada segenap prajurit TNI-Polri di wilayah Aceh, karena mampu memberikan dharma bakti terbaik kepada Ibu Pertiwi. “Saya bangga dengan kalian Semua ini tidak lepas dari semangat, disiplin, tanggung jawab, militansi dan loyalitas kalian dengan tetap berpegang teguh kepada perintah atasan”.

Selanjutnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa saat ini dunia berubah begitu cepat, lingkungan strategis global diwarnai berbagai dinamika yang sulit diantisipasi dampaknya yang  muncul sebagai ancaman nyata bangsa Indonesia seperti ancaman siber (cyber threats), ancaman biologis (bio threats) dan ancaman kesenjangan (inequality threats). “Ancaman siber diwujudkan dengan penyalahgunaan big data pengguna internet. Saat ini lebih dari 51 % penduduk dunia sudah terhubung dengan internet,” imbuhnya.

“Seperti kita ketahui bakteri dan virus patogen dapat bermutasi secara alami menjadi kebal terhadap obat-obatan yang ada. Selain itu, teknologi rekayasa genetika telah memungkinkan diciptakannya agen-agen biologis baru yang lebih berbahaya,” kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI juga mengatakan bahwa ancaman kesenjangan atau inequlity threats muncul diantaranya ketika terdapat negara yang menguasai teknologi serta negara yang tidak menguasai teknologi. “Negara yang menguasai teknologi akan menang, mereka bisa menciptakan dan menghasilkan apa saja secara melimpah, termasuk energi dan makanan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI  kembali mengingatkan  bahwa kegiatan politik pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan Pilkada Serentak di 171 wilayah seluruh Indonesia dan Tahapan Pemilu 2019 tentunya akan diwarnai dengan pengerahan massa dan kampanye.  Kegiatan tersebut rawan disusupi oleh berbagai isu negatif dan berpotensi untuk berkembang menjadi tindakan yang lebih ekstrim atau terjadinya tindakan anarkisme.

“Saya beserta Kapolri sepakat bahwa sudah menjadi tugas TNI dan Polri dalam Pilkada serentak 2018 maupun Tahapan Pemilu 2019 untuk menjamin kelancaran, keamanan, dan kesuksesannya. Tugas tersebut meliputi pengamanan distribusi logistik, kampanye, pelaksanaan dan penetapan, hingga pasca penetapan hasil Pilkada, yang harus berjalan tertib dan aman,” kata Panglima TNI.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI-Polri harus memegang teguh netralitas dan bagi prajurit TNI hanya ada satu komando tegak lurus dari Panglima TNI. “TNI-Polri sebagai aparat negara, masih mendapatkan kepercayaan yang sangat tinggi dari rakyat dalam menjaga pertahanan dan keamanan di Bumi Pertiwi. Oleh karena itu, apapun yang dilakukan oleh TNI-Polri harus senantiasa tetap menjaga kehormatan, nama baik, kepercayaan dan amanah dengan sungguh-sungguh,” tegasnya.

Di hadapan awak media, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa prajurit TNI-Polri tetap solid dan profesional untuk menjunjung netralitas. “Tentunya kita melaksanakan komunikasi antara TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dalam pesta demokrasi,” katanya.   

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian pada kesempatan yang sama menyampaikan bahwa Polri juga sudah mengeluarkan perintah yang cukup detail kepada anggota untuk larangan-larangan pada saat proses Pilkada. “Kalau ada anggota Polri yang melanggar pasti mendapatkan sanksi internal  mulai kode etik dan lain-lain, disamping itu juga bisa dikenakan sanksi yang terkait dalam aturan undang-undang,” ujarnya. {Agus Cahyono }

Read more...

Lagi, Polisi Ciduk Pasangan Suami Istri Pemgelola Merkuri di Desa Liang 

AMBON ; Pengolahan batu sinabar di Maluku belakangan ini tidak henti-hentinya, kendati bahan pembuat merkuri itu dilarang pihak kepolisian. 

Main kucing-kucingan yang dilakukan oknum pembuat merkuri dengan pihak kepolisian dilakukan guna mendapatkan rupiah. 

Seperti yang dilakukan di hutan Desa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku.

"Tim Subdit I Reskrimum Polda Maluku berhasil menangkap dua warga pengelola merkuri di hutan Desa Liang Kab Maluku Tenggah, Padal Selasa kemarin," ungkap Kabid Humas Polda Maluku Kombes M. Roem. Ohoirat kepada media Diruang kerja, Kamis )19/4/2018). 

Ditambahkan, Penyelidikan yang dilakukan Subdit I Reskrimum Polda Maluku dibawah komando kompol Irvan Reza berhasil menangkap dua warga KR alias Reza (36) beserta istrinya ML. 

Keduanya merupakan Warga Desa Tulehu RT 013 Kecamatan Salahutu Kab. Malteng Provinsi Maluku. Keduanya ditangkap Tim Subdit I kemudian dilakukan pengembangan dan hasil produksi. 

"Hasil produksi  batu sinabar menjadi merkuri kemudian dibawa di Desa Tulehu Kecamatan Salahutu Kab, Malteng dan ditemukan sejumlah barang bukti sejumlah 57 kg merkuri," jelasnya. 

Baginya, batu sinabar tersebut didatangkan dari Desa Iha Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB$ sebanyak 187 kg kemudian diolah menjadi merkuri menjadi 57 kg. 

Sebelumnya pelaku sudah melakukan pengolahan batu sinabar yang dibeli dari SBB sebesar 200 kg seharga Rp 80.000 dengan menghasilkan 80 kg merkuri dan sudah dijual di luar kota Ambon seharga Rp 300 ribu.  

Kedua tersangka akan dijerat dengan pasal 158 San atau pasal 161 UU No 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara.

"Terangka akan dijerat dengan hukuman 10 tahun penjara," ujarnya. (Saleh Tuhuteru)Panglima TNI :

Read more...

Panglima TNI Terima Kunjungan Kehormatan Dubes LBBP Amerika Serikat

CILANGKAP ; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar (Dubes) Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Yang Mulia Mr. Joseph R. Donovan Jr. didampingi Athan Amerika Serikat untuk Indonesia Kolonel Michael D. Spake, di ruang tamu Panglima TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu 18/4/2018.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kehormatan Dubes LBBP AS sebagai tindak lanjut pertemuan sebelumnya beberapa waktu lalu di Markas Besar TNI.

Pada pertemuan tersebut Panglima TNI menyampaikan kunjungan kehormatan ini untuk mempererat hubungan kerjasama kedua negara dalam berbagai bidang, khususnya di bidang pelayanan kesehatan yang dilaksanakan dalam kegiatan Pacific Partnership 2018 di Bengkulu.

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam menghadirkan kapal rumah sakit United States Naval Ship (USNS) Mercy dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Bengkulu. Demikian pula ucapan terima kasih juga disampaikan atas kehadiran Dubes di Manado dalam rangka latihan  bersama dengan melibatkan pesawat udara F-16.

Selanjutnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengatakan “kerjasama dalam kegiatan Pacific Partnership sangat bermanfaat bagi masyarakat dan khususnya bagi dokter dan tenaga medis Indonesia dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi terkait bencana alam”.

Pada pertemuan tersebut Dubes LBBP Amerika Serikat Yang Mulia Mr. Joseph R. Donovan Jr.  mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan dukungan yang sudah ditunjukkan pada saat kedatangan kapal rumah sakit United States Naval Ship (USNS) Mercy dalam rangka kegiatan Pacific Partnership.

Selanjutnya Yang Mulia Mr. Joseph R. Donovan Jr. menyampaikan bahwa kegiatan Pacific Partnership tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi Indonesia dan juga Amerika khususnya dalam persiapan menghadapi bencana alam.

Menurut Dubes AS kerjasama dibidang kesehatan diawali ketika terjadi bencana tsunami pada tahun 2004 menyadarkan kita semua untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi guna mendukung misi misi kemanusiaan dalam rangka menghadapi bencana alam.

Lebih lanjut Dubes AS Yang Mulia Mr. Joseph R. Donovan Jr menyampaikan pada masa yang akan datang dijadwalkan kunjungan sejumlah kapal perang Amerika Serikat ke Indonesia dalam rangka membina hubungan kerjasama kedua angkatan bersenjata. Sehubungan dengan rencana kehadiran kapal perang tersebut, Dubes mohon bantuan kerjasama kepada Panglima TNI untuk membantu kelancaran kegiatan kunjungan.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P pada pembicaraan selanjutnya menanggapi rencana kunjungan kapal perang AS ke Indonesia, TNI akan membantu kelancaran kunjungan tersebut agar dapat berjalan lancar dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir mendampingi Marsekal Hadi Tjahjanto antara lain Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P. Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.I.P., Kabais TNI Marsda TNI Kisenda Wiranata Kusuma, Kapuspen TNI Mayjen TNI M.S. Fadhilah dan Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han).

Dubes AS untuk Indonesia H.E Joseph R. Donovan, Jr. didampingi Athan AS di Jakarta Colonel Michael D. Spake, Kepala Kantor Kerjasama Pertahanan Colonel  Brady A. Crosier, Atase Laut AS di Jakarta CDR Greg R, Adams dan Penasihat Politik Kedubes AS Ms. Geneve E. Menscher

Autentikasi: Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono.

 

Read more...

Panglima TNI Terima Audiensi PT. Pelindo II di Mabes TNI

CILANGKAP ;  Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., didampingi Aslog Panglima TNI Mayjen TNI Bambang Nariyono, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A. dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menerima  audiensi PT. Pelindo II yang dipimpin oleh Dr. Ir. Surat Indrijarso, M.Sc. selaku Penasehat PT. Pelindo II yang sehari-hari menjabat Deputi Bidang PMK Sekretariat Kabinet RI didampingi Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT. Pelabuhan Indonesia II Bapak Saptono R. Irianto dan rombongan, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18 /4/2018).

Mengawali audiensinya, Dr. Ir. Surat Indrijarso mewakili seluruh jajaran PT. Pelindo II mengucapkan terima kasih dengan berkenannya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menerima kunjungannya dan sekaligus menjelaskan program-program yang diharapkan dapat meningkatkan sinergitas dengan PT. Pelindo dalam rangka pengembangan infrastruktur, meningkatkan pelayanan dan penataan termasuk efisiensi terkait jeda waktu penggudangan. “Keberadaan PT. Pelindo II sudah banyak bersinergi dengan unsur-unsur TNI,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Ir. Surat Indrijarso menyampaikan bahwa PT. Pelindo II berkeinginan melaksanakan study bersama terkait optimalisasi pelabuhan-pelabuhan, khususnya di Tanjung Priok yang dikelola PT. Pelindo II.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik berbagai program yang akan dilakukan oleh PT. Pelindo II, khususnya dalam mengoptimalisasikan pelabuhan di Tanjung Priok. Menurutnya, tidak hanya pelabuhan di Tanjung Priok, tetapi juga pelabuhan-pelabuhan lain yang dikelola oleh PT. Pelindo II.  “Mari kita duduk bersama untuk memberikan solusi terbaik agar bisa saling memberikan manfaat, baik bagi PT. Pelindo II maupun TNI,” katanya.

Terkait study bersama, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan  pada dasarnya TNI selalu mendukung program-program pemerintah khususnya peningkatan pertumbuhan ekonomi termasuk dengan PT Pelindo II. “Tentunya sebelum dilaksanakan study, sebaiknya dibahas terlebih dahulu hal-hal teknis,” ucapnya. { Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono }

Read more...

Panglima TNI : Pemuda Tani HKTI Asset Bangsa Bidang Pertanian  

CILANGKAP; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menerima audiensi Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang dipimpin oleh Ibu Rina Sa’adah selaku Ketua Pemuda Tani HKTI didampingi Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Nasional Pemuda Tani HKTI Bapak Ahmad Irfan beserta rombongan, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (18/4/2018).

Mengawali audiensinya, Ibu Rina Sa’adah mengucapkan terima kasih kepada Marsekal TNI Hadi Tjahjanto atas kesempatan untuk bersilaturahmi dan bertatap muka langsung ditengah kesibukan dan jadwal kegiatan Panglima TNI yang begitu padat.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Rina Sa’adah menyampaikan tentang Badan Otonom Pemuda Tani HKTI yang baru dibentuk pada tanggal 1 Januari 2017. Selanjutnya dijelaskan bahwa saat ini Pemuda Tani HKTI sudah memiliki beberapa program untuk mendukung program pemerintah dalam rangka mencapai kedaulatan pangan.

“Saat ini Pemuda Tani HKTI sedang berkonsentrasi untuk menyiapkan 1 hektar lahan ditiap-tiap Provinsi sebagai bentuk percontohan pertanian yang akan dikelola oleh pemuda-pemuda yang tersebar di seluruh Provinsi Indonesia,” ujarnya.

Ditambakan oleh Ibu Rina Sa’adah bahwa Pemuda Tani HKTI sudah bekerja sama dengan berbagai komponen diantaranya Kementerian Pertanian dan berbagai stakeholders instansi terkait yang sudah komitmen untuk mendukung kegiatan program tersebut.

Lebih lanjut Ibu Rina Sa’adah menyampaikan bahwa pada dasarnya Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ingin bersinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang telah banyak berkecimpung dibidang pertanian dan hasilnya sangat memuaskan. “Banyak hal yang sudah dilakukan TNI dalam mendukung kedaulatan pangan mulai dari pembukaan lahan sampai dengan pencapain produksi, karena TNI punya disiplin dan kinerja yang sudah terbentuk ke daerah-daerah,” katanya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyambut baik berbagai program yang akan dilakukan oleh Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, khususnya dalam bidang pertanian.  “TNI akan mendukung program-program yang dilakukan oleh Pemuda Tani HKTI, kedepan sinergitas TNI dan Pemuda Tani HKTI akan ditindaklanjuti oleh Aster Panglima TNI,” jelasnya.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Pemuda Tani HKTI adalah asset bangsa yang banyak menguasai teknologi inovasi, khususnya pada tataran manajerial dan persoalan-persoalan dari hulu hingga ke hilir di bidang pertanian. Kegiatan tersebut diawali dari penyiapan lahan, pembibitan, penanaman, perawatan, produksi dan pemasaran. “Semuanya itu harus berbasis kepada teknologi inovasi, sehingga dapat memberikan keuntungan yang maksimal bagi para petani dan kedaulatan pangan Indonesia,” katanya. {Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono }

 

Read more...

Aslog Panglima TNI Pimpin Pertemen JLSC dengan ADF di Australia   

AUSTRALIA ;  Aslog Panglima TNI Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M memimpin delegasi TNI dalam pertemuan Sub Komite Logistik Gabungan atau Joint Logistics Sub Committee (JLSC) antara TNI dan Angkatan Bersenjata Australia (ADF) dibawah forum Australia – Indonesia High Level Committee (Ausindo HLC), di Australia, baru baru ini.

Aslog Panglima TNI Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M mengatakan bahwa pertemuan Sub Komite Logistik Gabungan tersebut  dilaksanakan dalam rangka membahas dan mengkompilasi data yang berkaitan dengan kerja sama di bidang logistik antara TNI dan ADF serta  hasil-hasil yang telah dicapai yang selanjutnya akan dilaporkan pada sidang AUSINDO HLC yang akan berlangsung tahun 2018 ini.

Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M selaku ketua delegasi TNI menyampaikan dalam pertemuan JLSC antara TNI-ADF ke-5 tersebut membahas permasalahanbidang logistik dengan peserta delegasi TNI dan ADF. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan  antara lain mengkaji agenda yang dibangun antara TNI dan ADF dalam kegiatan Joint Logistics Staff Talks (JLST) dan JLSC ke-4 tahun 2017 serta kegiatan High Level Committee (HLC) AUSINDO 2017 yang telah memberikan peran positif bagi perkembangan hubungan antara Indonesia Australia, jelas Aslog Panglima TNI.

Selain itu  Aslog Panglima TNI mengatakan pertemuan itu juga membahas rencana pengembangan Mutual Logistics Support Arrangement (MLSA) menjadi SOP MLSA  dan peninjauan MLSA yang akan berakhir pada September 2019. Demikian pula  penyampaian informasi  yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan MLTT tahun 2018 yang direncanakan dilaksanakan di Indonesia dengan melibatkan peserta latihan dari perwira TNI AD, AL dan AU. Demikian juga tentang rencan kunjungan belajar ke Australia, tambahnya.

Aslog Panglima TNI menyampaikan  bahwa  delegasi  Australia dalam pertemuan tersebut juga memberikan penawaran kursus perwira logistik di Australia kepada  TNI dengan memberikan kesempatan kepada perwira TNI untuk memilih kursus yang bisa diambil sesuai dengan kebutuhan TNI.

Dalam kegiatan selama di Australia, Aslog Panglima TNI beserta rombongan juga melaksanakan kunjungan ke gudang logistik milik ADF terbesar di Australia yaitu Joint Logistics Unit-East Moorebank di Sydney dan melihat secara langsung sistem penyimpanan dan pengaturan pergudangan yang diterapkan oleh ADF untuk mendukung semua kegiatan operasional ADF.

 Sedangkan saat  kunjungan di Melbourne  juga melihat fasilitas ADF antara lain fasilitas Diggerworks milik Angkatan Darat Australia, dan  mengunjungi Markas Besar Supplay Chain Branch (SCB) yang bertugas untuk mengatur, memonitor dan merencanakan sistem logistik dan pergudangan yang ada di ADF

Dalam pertemuan Sub Komite Logistik Gabungan ini, delegasi TNI dipimpin .Aslog Panglima TNI Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, M.M,      Laksamana Pertama TNI R. Teguh Isgunanto Athan RI di Australia, Kolonel Laut (S) Frendy H. Saragih, Letkol Laut (T) Rachmat Susanto, S.T., M.T., dan Mayor Tek Devi Hughes Ardiansyah, S.T.

Sedangkan delegasi ADF dengan ketua delegasi Major General David Mulhall, Commander Joint Logistics ADF dengan anggota delegasi Commodore Ian Murray, Deputy of Commander Joint Logistics ADF, GPCAPT Stephen Cook, Air Force Attaché - Australian Embassy, Jakarta , CAPT Siobhan Bacon, Director International Logistics dan LTCOL Phillip Cox, Deputy Director International Logistics – Regional .{Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono}

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.