Menu

Items filtered by date: Senin, 07 Mei 2018

Pergoki Istri Berjinah dengan Pria Idaman, Suami Lapor ke Polisi

Suami mana yang tidak marah memergoki istrinya berjinah dengan pria lain. Apalagi, dilakukan di rumah kontrakan.

JAKARTA ; Kisah tragis ini terjadi pada medio Jumat, 27 April 2018 menimpa seorang suami yang bernama Seni, yang memiliki satu anak dari perkawinannya dengan perempuan bernama Juro. Celakanya justru sang istri Juro berkhianat berjinah dengan pria lain.

Masalahnya, Juro kepergok oleh sang suami {Seni-red} sedang melakukan hubungan intim {zinah} dengan seorang lelaki yang bukan suaminya.

Kontan saja Seni pun marah terhadap perbuatan istrinya. Pria kelahiran Indramayu, 17 Mei 1971 tidak terima dengan perbuatan istrinya dan langsung melaporkannya ke Polres Cilincing, Jakarta Utara. 

Kronologis

Kejadian terjadi pada hari Jumat, tanggal 27 April 2018 lalu, ketika Seni baru pulang bekerja dan ia dikejutkan oleh suara anaknya lagi menangis dari dalam kamar. Tanpa sedikit pun mersa curiga ia pun langsung masuk ke rumah dan mendapatkan anaknya tengah menangis sendirian didalam kamar, dan ia pun menidurkan kembali sang anak.

Setelah anaknya tidur, Seni lalu mencari istrinya tapi tidak ditemukannya di dalam rumah. "Begitu pun saya telpon dan SMS melalui handphone, istri juga tidak angkat dan balas SMS, " ujar Seni pada majalahpotretindonesia.com, Senin {7/5/2018} kemarin.

Merasa tidak ditanggapi sang istri, Seni pun menemui tetangganya yang bernama Dulali {25} untuk menemaninya mencari istrinya ke rumah teman-temannya di wilayah Kali Baru RT. 013. Namun, mereka bilang istri saya Juro sudah pulang sejak sore hari.

Merasa penasaran saya pun kembali ajak Dulali mencari istri ke tempat lain. Namun, pas saya lewat di sebelah rumah ternyata pintu gerbangnya tidak terkunci, padahal rumah kontrakan selama ini tidak ada penghuninya. Lantas ia bersama Dulali mendobrak pintu rumah tersebut dan alangkah terkejutnya dirinya  melihat istri sedang bersetebuh dengan seorang lelaki. Saya pun meminta bantuan warga setempat untuk menyeret kedua pelaku zinah dari rumah kontrakan ke luar untuk dilaporkan ke ketua RT 013.

"Saya sudah laporkan kasus perselingkuhan istri ke Polsek Cilincing, Jakarta Utara guna di proses dan dilakukan penyidikan lebih lanjut. Mudah-mudahan pelaku zinah dihukum seberat-beratnya, itu harapan saya ke pihak penegak hukum," pungkas Sehi. {JOR}

 

Read more...

Korban Tabrak Lari dI Oku Selatan Menuntut Keadilan

JAKARTA ; Pernahkah membaca berita korban tabrak lari di Oku Selatan, kejadian yang menimpa anak dari ibu yeni di Oku Selatan pada bulan Juli 2017 lalu ? Kisah tragis yang sudah hampir setahun terjadi ini namun sampai sekarang kasus tersebut belum juga mencapai titik terang.

Padahal dari pihak korban, akibat tabrak lari oleh ( pelaku ) si pengendara mobil telah mengakibatkan anaknya harus dirawat di rumah sakit dan akhirnya membuat korban mengalami cacat permanen akibat salah satu tubuhnya harus di amputasi.

Ironisnya, setelah hampir setahun mengalami penderitaan dan mengakibatkan korban juga kehilangan pekerjaan, korban belum mendapat penggantian atas apa yang telah dideritanya dan pelaku belum mendapatkan hukuman atas apa yang telah dilakukannya. 

Terkait dengan kejadian ini. Kuasa hukum korban, yaitu Ade Muhamad Nur SH, MH dari Kantor Hukum AMN & Partner yang beralamat di Jalan. Blok Duku No. 82 Cibubur, Ciracas. Jakarta Timur, sangat menyayangkan sikap pelaku yang lari dari tanggung jawab dan tidak mempunyai perikemanusiaan dengan lari meninggalkan korban usai tertabrak olehnya.

Kasus ini pun seolah dibiarkan oleh pihak terkait, dalam hal ini aparat penegak hukum. Yang mana sudah hampir setahun sejak terjadinya peristiwa korban tabrak lari tersebut namun belum ada proses pengadilan dan penetapan tersangka oleh pihak terkait.

Padahal sebagaimana undang-undang lalu lintas disebutkan “Apabila telah terjadi kecelakaan seharusnya pelaku (Pengendara kendaraan) wajib berhenti dan menolong korban yang terkena musibah dan kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kepolisian dan memberikan keterangan-keterangan. Apabila pelaku tidak melakukan itu maka diancam dengan hukuman pidana”, tegas Ade.

Sementara, Yeni ( ibu korban ) meski belum mampu menghapus kesedihannya, terutama terkait dengan trauma yang dialami anaknya setelah kecelakaan mengaku masih berharap pelaku membuktikan tanggung jawabnya dengan baik dan pihak aparat menjalakan penegakkan hukum dengan sebenar-benarnya. Apalagi pelakunya kini sudah diketahui, meski ia sebelumnya berupaya untuk menghilangkan jejak dan lari dari tanggung jawab, atas kesalahan yang telah diperbuatnya, ungkap Yeni. (P. Siregar).

 

Read more...

PELNI Papua Barat Siap Beri Pelayanan Nyaman dan Aman Bagi Pemudik Lebaran 2018

  • Published in Bumn

Manokwari ; Menjelang arus mudik bulan Ramadan dan Lebaran Idul Fitri tahun 2018, PT Pelni Cabang Manokwari, Provinsi Papua Barat sudah melakukan persiapan secara matang dan terencana supaya semua berjalan aman dan lancar.

Arif Saleh Manager PELNI (Persero), Provinsi Papua Barat mengatakan, Pelni telah mempersiapkan sebanyak enam unit kapal, antara lain extra tray dan jenis lainnya untuk keperluan pemudik yang menggunakan kapal laut dengan tujuan Manokwari, Nabire,  Serui, Biak hingga kota Jayapura. 

Ia menjelaskan, untuk pemudik dengan tujuan wilayah Barat, Manokwari, Sorong,  Maluku, Ambon, Ternate, Bitung,  Bau - Bau,  Makasar, Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Priuk. 

"Kepada masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran tidak perlu khawatir membeli tiket melalui via online. Kami jamin cepat dan aman," ujar Arief meyakinkan.

Menurut dia, Pelni sudah jauh-jauh hari mempersiapkanya agar para pemudik kapal laut merasa nyaman dan aman.

Ditambahkannya, untuk keamanan dan kenyamanan para penumpang pihaknya akan bekerja sama dengan TNI POLRI, Pelindo, serta intansi terkait lainnya. 

"Kita akan kerahkan petugas untuk menjaga keamanan di Pelabuhan Manokwari, mereka akan ditempatkan mulai dari lokasi parkir kendaraan, pintu masuk ruang tunggu, pintu masuk dermaga, hingga di tangga kapal semua bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik disaat menjelang puasa dan lebaran," pungkas Arief.

Reporter : Anton

Read more...

Tim Patroli Bakamla RI Tangkap Kapal Penampung Minyak di Selat Malaka

  • Published in Hankam

Jakarta, Kapal patroli Bakamla KN. Belut Laut – 4806, yang sedang melaksanakan tugas patroli di wilayah Zona Kamla Barat menangkap sebuah Kapal Motor yang diduga merupakan kapal penampung BBM, di perairan Selat Malaka, beberapa hari lalu. 

Kejadian berawal pada pukul 13.35 wib, pada Jumat (4/5), saat KN. Belut Laut – 4806 sedang melaksanakan tugas patroli rutin, mencurigai sebuah kapal motor  yang melintas di Perairan Selat Malaka, tidak memiliki identitas atau kapal tanpa nama.

Pada posisi 01.10.650 U – 103.23.400 T, yaitu di sebelah Utara Pulau Karimun Kecil, kapal patroli Bakamla RI mendekati sasaran, melakukan penghentian dan pemeriksaan terhadap kapal yang mencurigakan tersebut, dan didapati bahwa kapal tanpa nama itu milik Warga Negara Indonesia (WNI), dinahkodai Muh Izan, dengan awak dua Anak Buah Kapal (ABK).

Pada saat ditangkap kapal tidak membawa muatan, namun dari pengakuan sementara nakhkoda didapati keterangan bahwa kapal yang berlayar dari Pulau Meral menuju Selat Malaka tersebut hendak digunakan memuat BBM ilegal di tengah pelayaran. Selain itu, dari pemeriksaan juga didapati bahwa kapal tidak memilki Surat Persetujuan Berlayar (SPB), tidak memiliki radio, tidak memilki kecakapan awak kapal, tidak memiliki SIJIL dan dokumen pelaut serta tidak ada Tanda Selar atau pendaftaran.

Berikutnya, kapal patroli Bakamla yang dikomandani oleh AKBP Capt. Nyoto Saptono, S.H., M.Si(Han), M.Mar. ini mengawal nahkoda beserta ABK dan kapal kayu tersebut menuju Pangkalan Keamanan Laut Zona Maritim Barat di Barelang, Batam, Kepulauan Riau, guna menjalani proses hukum lebih lanjut. { Mardiono }

 

Read more...

TNI Berangkatkan Ribuan Lebih Prajurit Ke Daerah Latihan PPRC TNI 2018 

  • Published in Hankam

JAKARTA ; Sebanyak 1.620 personel penyelenggara dan pendukung latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun 2018 mulai diberangkatkan menuju ke daerah latihan di Morotai Maluku Utara, Timika Papua Barat  dan Pulau Selaru Maluku Tenggara Barat dengan menggunakan  3 (tiga) pesawat Hercules dibagi beberapa sorty penerbangan, melalui Lanud Juanda Surabaya dan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (7/5/2018).

Menurut Komandan Satgas Penerangan (Dansatgaspen) Latihan PPRC TNI tahun 2018, Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P., sebelumnya sudah ada team advance yang berangkat mendahului. “Personel yang berangkat melalui Halim dan Juanda saat ini langsung menuju ke daerah tugas masing-masing yaitu Timika, Selaru dan Morotai,” ujarnya.

Dansatgaspen PPRC TNI mengatakan bahwa khusus untuk  tim yang bertugas di Pulau Selaru-Maluku Tenggara Barat, setelah sampai di Bandar Udara Saumlaki langsung melanjutkan perjalanannya menggunakan  kapal laut dengan waktu tempuh  kurang lebih dua jam perjalanan. “Informasi untuk saat ini ombak laut menuju Pulau Selaru kurang bersahabat, sehingga kemungkinan waktu yang ditempuh akan bertambah. Mudah-mudahan perjalanan hari ini lancar dan aman sampai tujuan,” harapnya.

Sementara itu, tim penyelenggara dan pendukung yang berangkat  terdiri dari, personel Kodiklat TNI (Penyelenggara), unsur Satgas Darat (Satgasrad), Satgas Laut (Satgasla), Satgas Udara (Satgasud), Satgas Penerangan (Satgaspen), Tim Dukungan Kesehatan (Dukes) dan Tim Bakti Sosial.

Adapun pelaksanaan latihan lapangan PPRC TNI di Morotai, Timika dan Selaru akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2018 mendatang, bertindak sebagai Komandan PPRC TNI Brigjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H., M.H. jabatan sehari-hari Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad dan selaku Wakil Komandan PPRC TNI Kolonel Pnb Andi Wijaya, S.Sos jabatan sehari hari Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Abdulrachman Saleh Malang.

Autentikasi : Dansatgaspen PPRC TNI Tahun 2018, Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P.

 

Read more...

Bakamla Teken MoU dengan Unand di Bidang Pendidikan

PADANG ;  Badan Keamanan Laut dan Universitas Andalas menandatangani MoU atau Nota Kesepahaman dibidang pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Acara ini dibarengi pula dalam satu rangkaian kegiatan dengan seminar keamanan laut, di Kampus Unand, Padang, Sumatra Barat, Senin (7/5/2018).

Penandatanganan dilakukan oleh Deputi Inhuker Bakamla Irjen Pol Dr. Abdul Gofur, Drs., M.M. dan Rektor Unand Dr. Tafsir Husnul, S.E., M.B.A., P.Hd. Turut serta mendampingi Deputi Inhuker Bakamla yaitu Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. dan Kasi Kerja Sama Non Pemerintahan Ariana Listyawati, S.Pd.

Kesepahaman kedua belah pihak melalui penandatanganan MoU ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi tugas fungsi Bakamla, yang menyadari bahwa dukungan dan kerja sama dengan instansi lain, salah satunya yaitu dengan lembaga pendidikan, sangat diperlukan.

Kerja sama dilakukan dengan berlandaskan pada kesepakatan, kapasitas dan kewenangan yang dimiliki masing-masing pihak, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tidak hanya berhenti sampai disitu, rupanya penandatangan MoU ini dirangkaikan pula dengan acara seminar keamanan laut yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum dan LPPM Unand.

Deputi Inhuker Bakamla dan Dr. Ferdi, S.H., M.H. dari Unand menjadi pembicara dalam seminar bertemakan peranan Bakamla dalam penegakan hukum laut ini.

Dalam paparannya, Irjen Pol Gofur antara lain  menyampaikan gambaran umum mengenai tusi dan peran Bakamla dalam penegakan hukum di laut melalui konsep umum operasi Bakamla yg mengedepankan sinergitas pelaksanaan operasi,  penggunaan IT dalam Sistem Peringatan Dini dan Pemantauan Laut,  serta integrasi kebijakan strategi maritim Indonesia.

Secara khusus mengenao penegakan hukum di laut, Deputi Inhuker Bakamla menyoroti kemampuam penegakan hukum secara komprehensif, pengamanan bersama, dan sharing informasi.

Penandatanganan MoU sekaligus seminar keamanan laut tersebut dihadiri hingga 100 peserta yang merupakan civitas akademisi Unand, para undangan mitra maritim Bakamla di laut, Pemprov Sumbar, dan pemerhati hukum laut. {Mardiono}

 

Read more...

Panglima TNI : Prajurit TNI Berhasil jalan Tugas Internasional

  • Published in Hankam

JAKARTA ; Para prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Yon Komposit TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXV-C United Nations Mission In Darfur (UNAMID) berhasil mengemban tugas sebagai diplomat bagi bangsa dan negara.

Demikian sambutan tertulis Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan Kasum TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. pada upacara militer penerimaan Satgas Yon Komposit TNI Konga XXXV-C/UNAMID di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (7/5/2018).

Dalam upacara tersebut Panglima TNI menyampaikan bahwa setiap pengalaman tugas yang telah dimiliki oleh para prajurit adalah pelajaran hidup yang sangat berharga. ”Jangan sia-siakan setiap pengalaman tugas yang telah kalian miliki, sekecil apapun itu adalah pelajaran hidup yang sangat berharga, dan sudah menempa para prajurit dalam meningkatkan kualitas diri”, ujarnya.

Lebih lanjut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan bahwa dalam waktu dekat bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkada serentak 2018, untuk itu kepada segenap prajurit TNI untuk senantiasa mempedomani komitmen netralitas TNI, dan senantiasa menjaga kesiapsiagaan satuan.

“Jaga dan tingkatkan kebersamaan serta koordinasi yang baik dengan komponen bangsa lainnya, termasuk Polri dalam melaksanakan tugas-tugas keamanan bersama, saya tidak akan memberikan toleransi terhadap tindakan Prajurit TNI yang merusak nama baik TNI”, tegas Panglima TNI.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI juga menyampaikan bahwa netralitas TNI, kesiapsiagaan satuan dan kebersamaan TNI-Polri adalah salah satu jaminan utama terciptanya situasi nasional yang kondusif. Selain itu netralitas TNI dan kebersamaan TNI-Polri adalah jaminan bagi terciptanya persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia.

Dalam rangkaian upacara tersebut, disematkan penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Santi Dharma kepada 808 prajurit TNI dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo Nomor 18/TK/Tahun 2018, tanggal 1 Maret 2018.

Autentikasi : Kabidpeninter Puspen TNI Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono

 

 

Read more...

Jelang Rhamadhan, Polda Maluku Giat Bakti Sosial di Mesjid 

AMBON ; Menyambut bulan suci Ramadhan Polda Maluku melakukan bakti sosial berupa pembersihan mesjid bersama masyarakat, Minggu (8/5/2018).

Bakti sosial dipimpin Wakapolda Maluku Brigjen Hasanudin. Selain bakti sosial Polda Maluku juga melakukan pengobatan masal. Kegiatan ini juga dalam rangka HUT Bhayangkara ke 72.

Polda Maluku melaksanakan giat bakti sosial berupa pengobatan masal dan pembersiahan masjid bersama Masyarakat di beberapa Masjid yg berada di Kota Ambon yg di laksanakan pada minggu 6 mei 2018 pukul 08-00 wit, giat bakti sosial personil Polda Maluku ini di laksanakan dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan, juga dilakukan dalam rangka menyongsong Hut Bhayangkara ke 72 

"Masjid yang menjadi titik pelaksanaan giat bakti sosial ini adalah Masjid Nurul Hidayah Desa Lata dan Masjid Nurul Islah Desa Passo Kecamatan Teluk Ambon," ungkap kabid humas Polda Maluku Kombes Pol. M Ohoirat kepada media di sela-sela kegiatan. 

Personil Polri yang terlibat dalam giat bakti sosial ini adalah gabungan personil dari Sat Brimobda, Dit Sabhara, Dit Pol Airud, Polres Ambon, Dit Intelkam, Dit Reskrim Mum, Sus dan Narkoba, Personil SPN Polda Maluku dan personil Bid Dokes Polda Maluku.

"Kegiatan bakti sosial ini dilakukan dalam bentuk bersama masyarakan melakukan pembersihan, perbaikan dan pengecatan mesjid," katanya. 

Selain itu lanjut perwira bunga melati dipundaknya itu mengungkapkan pengobatan gratis dan pemberian vitamin secara gratis kepada masyarakat.

Selain itu memberikan sumbangan material untuk perbaikan mesjid dan sumbangan Alquran.

Dijelaskan, giat bakti sosial ini juga Wakapolda Maluku bersama pejabat utama Polda yg sementara melaksanakan giat sepeda santai menyempatkan diri untuk meninjau langsung serta ikut secara langsung dalam bakti sosial tersebut. 

Di sela-sela giat bakti Sosial, Wakapolda Maluku bersama Pejabat utama Polda dan Bhayangkari Polda Maluku melakukan anjangsana untuk bersilaturahmi sekaligus menengok Ibu Raja Paso yang sedang sakit di kediamannya di Negeri Paso. (Saleh Tuhuteru)

 

Read more...

KRI Usman Harun-359 Gelar Latihan Towing Bersama FGS Magdeburg di Laut Mediterania

  • Published in Hankam

KONGA ; KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan Towing atau Peran Tunda bersama kapal perang Angkatan Laut Jerman FGS Magdeburg-F261 dengan manuver lapangan di Laut Mediterania.

Demikian dikatakan Komandan KRI Usman Harun-359 yang sekaligus Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si., usai melaksanakan latihan bersama kapal perang Indonesia dengan kapal perang Jerman di laut Mediterania, Sabtu (5/5/2018). 

Menurut  Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, latihan ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh unsur-unsur MTF guna meningkatkan interoperabilitas dalam rangka mendukung  tugas utamanya melaksanakan patroli atau Maritime Interdiction Operation (MIO) di Area Maritime Operation (AMO).

Lebih lanjut Kolonel Laut (P) Alan Dahlan mengatakan latihan towing dilaksanakan melibatkan KRI Usman Harun-359 dan FGS Magedeburg-F261 yang secara bergantian melaksanakan peran sebagai kapal penunda (towing ship) dan unsur lain sebagai kapal yang ditunda (disabled ship).

“Kegiatan towing ini dilaksana kan dengan  tujuan memberikan bantuan kepada kapal yang ditunda (disabled ship) dengan tidak dapat berolah gerak diakibatkan  kerusakan mesin atau kegagalan fungsi sistem kapal di tengah laut sehingga kapal (disabled ship) dapat diselamatkan dan dibawa ke pangkalan oleh kapal penunda  (towing ship),” katanya.

Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan towing, kapal penunda harus memperhatikan faktor angin, arus dan pergerakan kedua kapal agar dapat melaksanakan pendekatan kepada kapal yang ditunda dengan aman.

Kolonel Laut (P) Alan Dahlan juga mengatakan  bahwa latihan ini untuk meningkatkan kemampuan prajurit KRI Usman Harun-359 dalam melaksanakan peran tunda. Selain itu latihan towing ini dapat mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman.

Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL memberikan apresiasi kepada prajurit KRI Usman Harun-359 yang telah melaksanakan latihan towing bersama kapal perang Jerman dengan baik. Selain itu, mengucapkan terima kasih kepada Komandan FGS Magedeburg-F261 yang telah mengadakan latihan bersama dalam rangka meningkatkan kemampuan melaksanakan tugas MTF.

Autentikasi : Perwira Penerangan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/Unifil Letda Laut (KH) Dharma Hartono, S.Hum.

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.