Menu

Items filtered by date: Senin, 14 Mei 2018

Bahas PLTA Lala, Belum Ada Titik Terang dari Ferry Tanaya

AMBON ; Perseteruan lahan pembangunan PLTA Lala di Kabupaten Buru Provinsi Maluku belum menempuh titik terang. Sementara dana jumbo yang diglontorkan PLN untuk lahan pembangunan PLTA hingga masih misteri 

Padahal, batas waktu yang diberikan Raja Petuanan Lilialy kepada UIP PLN Maluku hingga pekan depan. Hal ini membuat PLN harus putar otak guna menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Melalui rapat mediasi yang dilakukan yang difasilitasi Polres Buru dengan menghadirkan semua pihak yang terlibat dalam proses tersebut, Senin (14/5/2018).

Meskipun dua kali rapat pertemuan, namun Ferry Tanaya yang menjual lahan belum dihadirkan oleh pihak PLN selaku pembeli lahan. 

Rapat mediasi kedua dipimpin Wakapolres Buru dan Kepala BPN Buru serta dihadiri oleh Pasi intel Kodim Buru, kasat serse polres Buru, kasi TUN Kajari Buru.

Selain itu juga dihadirkan kepala BPN Buru dan staf, Manager UIP PLN Maluku dan staf, Raja Petuanan lily ali dan kepala-kepala Soa serta Moch Mukadar sebagai pemilik Lahan serta Talim Wamnebo kuasa hukum Feri Tanaya. 

"Rapat selama satu Jan dengan mendengar paparan hasil pengukuran pengembalian batas atas lahan yang di gunakan oleh UIP PLN Maluku," ungkap Moch Mukadar kepada koran ini, Rabu (15/5/2018).

Menurut kepala BPN Buru lahan yang digunakan oleh PLN seluas 4,87 Ha yang di beli dari Ferry Tanya tahun 2016, dengan bukti kepemilikan Erpak tahun 1938 dari perintah Belanda.

Dalam paparan Kepala BPN Buru lahan yang digunakan PLN tidak termasuk dalam 3 sertifikat HM yang di miliki Moch Mukadar dan jarak antara 3 HM dan lokasi PLN 127 m.

"Tanah yang menjadi sengketa bukan ketiga sertifikat, tapi 2 surat pelepasan dari Raja Petuanan tahun 2016 dan 2017 dan itu masuk dalam lokasi pembangunan PLN," jelasnya. 

Mukadar menambahkan lahan yang di beli dari Fery Tanaya berdasarkan Erpak yang dikuasai oleh Z Wkanno dibawa tebing.

"Pelaksanaan dilapangan PLN telah menyerobot lahan diatas tebing miliknya seluas 2,8 Ha," jelasnya. 

Ditambahkan disaat Kepala BPN Buru meminta kepada pihak PLN untuk menghubungi keluarga Z Wakanno untuk mendapatkan surat ukur Erpak agar mendapat kedudukan/ letak Erpak namun dibantah Mukadar. 

"Di dalam surat permohonan Erpak Z Wakanno tahun 1921 sudah sangat jelas ada 4 poin penting dalam surat tersebut diantaranya, surat permohonan Sewaan, Bidang Tanah yang diatasnya terdapat tumbuhan pohon-pohon kelapa, Dibawa kekuasaan Lilialii dan waktu 75 tahun," ujarnya. 

Tahun 1938 pemrinta Hindia Belanda di Makassar menyetujui surat Izin Erpak Z Waksnno sebagai tanah SEWAAN.

"Z Wakanno sebagai pemilik Erpak menyatakan tanah milik sewaan dan kekuasan Liliali, kenapa kita yang tidak ada hubungan tetap bersi keras tanah itu milik Z Wakanno," tanya dia. 

Baginya, mengacu pada Erpak suda selesai tahun 2008, tetapi kalau mengacu pada UU Negara RI Merdeka tidak ada lagi yg namanya Erpak.

"Sudah lahir UU pokok Agrari No 5 tahun 1960, dimana semua hak barat tidak berlaku karna tanah tersebut merupakan tanah adat petuanan Liliali.

Sementata itu menurut Raja Liliali Husein Bessy menyesal sikap GM maupun Manager UIP PLN MALUKU yang selama mediasi tidak pernah memberikan penjelasan satu kata pun pada hal ini masalah mereka.

"Kami beserta warga Liliali juga pertanyakan kenapa UIP PLN MALUKU tidak bisa menghadirkan Feri Tanaya," tanya raja. 

Baginya, pembayaran lahan bukan yang pribadi PLN, tetapi menggunakan uang negara. 

"Ini menyangkut uang Negara meliran rupiah, Feri Tanaya diduga menipu PLN tetap di berikan keistimewaan untuk tidak menghadirkannya," kesalnya. 

Ditambahkan jika dalam pertemuan berikutnya PLN berjanji akan menghadirkan Fery Tanaya.

"Jika Fery Tanaya tidak hadir, maka kami tidak hadir dan sesuai kesepakan diberikan waktu 3 minggu sampai tanggal 23 Mei 2018, lahan ditutup untuk selamanya, ujarnya. (Saleh Tuhuteru)

 

 

Read more...

Sambut Ramadhan 1439 Hijriyah, Pasukan Garuda Indobatt Gelar Doa Bersama di Lebanon

  • Published in Hankam

LEBANON ; Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H, Pasukan Garuda Satgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Forces In Lebanon) yang saat ini tengah melaksanakan tugas sebagai Peacekeepers misi PBB menggelar acara doa bersama di UN Posn 9-2 Az-Zakiyeh, Lebanon Selatan, Senin (14/5/2018) waktu setempat.

Acara doa bersama yang digagas Kompi Charlie Satgas Indobatt, dihadiri pula oleh Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto S.I.P., perwakilan Kontingen Negara yang tergabung dalam Unifil serta para Perwira dan seluruh personel Kompi Charlie.

Komandan Kompi Charlie Konga XXIII-L/Unifil, Kapten Mar Taufiq Hidayat dalam sambutan singkatnya menyampaikan bahwa acara doa bersama yang dilaksanakan secara sederhana ini adalah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 H. “Insya Allah dengan hati kita yang bersih dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan, segala amal puasa maupun ibadah kita diterima oleh Allah SWT,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil Letkol Inf Arfan Johan Wihananto memberikan bantuan tali asih kepada dua personel Kompi Charlie yang keluarganya meninggal dunia di tanah air, yaitu orang tua dari Serda Mar Wagimin dan anak dari Kopda Heri.

Acara doa bersama diisi pula dengan ceramah rohani dilanjutkan Sholat Maghrib berjamaah yang dipimpin oleh Sertu Masrukhan. Rangkaian kegiatan doa bersama diakhiri dengan ramah tamah dan makan malam bersama. {Lettu Inf Yandra}

Read more...

Lurah Keagungan Suspinah Apresiasi Kinerja Para Anggota PPSU   

JAKARTA ; Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Keagungan, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat memiliki tanggungjawab yang tinggi terhadap tugas yang diembannya.

Dengan jumlah sebanyak 47 orang, para petugas PPSU ini selalu siap bekerja hingga larut malam sebagai bentuk tanggungjawab demi menjaga kebersihan dan kelestarian di lingkungan warga Kelurahan Keagungan.

Lurah Keagungan Suspinah memberikan apresi yang tinggi atas hasil kerja para anggota PPSU, karena dalam bekerja mereka tidak pernah mengeluh kendati harus pulang malam.

Pada senin 14 Mei 2018 kemarin, misalnya PPSU di kelurahan Keagungan rela berbasah ria melakukan pengurasan di jalan Inspeksi, Kali Krukut RT 002 RW 01 untuk membersihkan kotoran yang menghambat aliran air dengan mengangkat lumpur-lumpur yàng mengendap di kali tersebut.

"Para anggota PPSU mengerjakan pengurasan di Kali Krukut tidak ada yang merasa jijik, karena ini merupakan tugas dan tanggungjawab mereka meski harus lakukan pengurasan lumpur berpuluh karung," ujar Lurah Suspinah.

Alhasil sekarang sekarang, kali Krukut sudah bersih dan air pun mengalir dengan lancar.

Menurut Suspinah, lumpur yang berada di Kali Krukut tersebut mempunyai ketebalan 70 centimeter, dengan panjang saluran 45 meter, dan lebar saluran 60 centimeter. 

"Dan pengerjaan pengurasan, pengangkat lumpur itu memakan waktu selama 3 hari, tapi semua berjalan lancar," ucapnya bangga.

Dijelaskan Suspinah, kegiatan PPSU ini rutin dilakukan. "Kami selalu memantau untuk wilayah Kelurahan Keagungan, termasuk dalam menyambut bulan ramadhan 1439 H, dengan melibatkan PPSU untuk membersihkan mushola dan mesjid," imbuhnya.

"Wargapun yang berada di pinggiran kali Krukut merasa senang dengan kinerja PPSU Kelurahan Keagungan, ini berkat kepemimnan ananda P. Rizky Denny selaku Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kelurahan Keagungan yang mampu menanamkan etor kerja yang tingga kepada anggota PSSU, ungkap Lurah Suspinah.

Selaku Lurah Keagungan saya apresia cara kerja para anggota PPSU, mereka bekerja terkadang tidak mengenal waktu. Prinsipnya, kami bekerja saling bahu membahu demi mewujudkan Keagungan menjadi kelurahan terbaik di Provinsi DKI Jakarta, Pungkasnya. {tonny budianto}

 

Read more...

Ciptakan Rasa Aman di Masyarakat, TNI dan Polri Kompak Patroli Bersama

BELITUNG TIMUR ; Aparat kepolisian Polres Belitung Timur dan TNI menggelar patroli gabungan bersama guna menciptakan keadaan yang kondusif dan aman di masyarakat pasca ledakan bom yang mengguncang kota Suarabaya, Provinsi Jawa Timur, ahad kemarin.

aparat kepolisian dan TNI bersama melakukan penyisiran tempat rumah ibadah seperti masjid, musholah serta gereja hingga sekolah dan tempat  keramaian di Kota Manggar.

“Kita lakukan patroli gabungan secara rutin dalam rangka siaga untuk meningkatkan pengamanan masyarakat di Belitung Timur, dan kita jamin warga masyarakat aman,” kata Serka Aripianto, komandan patroli dari Kodim Manggar saat ditemui di SD Baptis Manggar, Senin (14/5).

Sementara itu, Kapolres Beltim  AKBP Erwin Siboro mangatakan pihaknya bersama TNI melakukan pengamanan di sejumlah objek vital guna menjaga kamtibmas di Beltim.

“Kita meningkatkan pengamanan di sejumlah tempat ibadah dan objek vital termasuk pusat keramaian dengan melakukan pengecekan dan pengamanan,” kata Kapolres.

Kapolres berpesan agar pihak pengelola tempat ibadah dan pengelola pusat keramaian untuk memperkuat pengamanan.

“Kegiatan patroli ini dilakukan sebagai langkah polisi memberikan rasa aman dan tenang bagi warga. Kami himbau agar masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan sejak dini. Kalau ada orang asing yang mencurigakan segera lapor kepada polisi,” ujar Kapolres.

Dalam patroli tersebut tampak sejumlah anggota kepolisian bersenjata lengkap, siaga di sekolah, di depan gereja dan di swalayan dan pusat keramaian di Kota Manggar. Pihaknya juga sempat memberikan pesan kamtibmas kepada petugas security sekolah yang berjaga di pintu masuk sekolah, termasuk kepada guru-guru di SD Baptis Manggar. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya cipta kondisi sebagai langkah deteksi dini. (Nizakaryadi)

 

Read more...

Panglima TNI Terima Kunjungan Ketua Umum IDI

  • Published in Hankam

CILANGKAP ; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah dan Kababinkum TNI Brigjen TNI Joko Purnomo, S.H., M.H., menerima kunjungan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis, Sp.OG.

Dalam kunjungan kali IDI mengajaknya sejumlah anggotanya yaitu  Prof. Syamsuhidayat, Sp.PD, Dr. Broto Wasisto, MPH, Dr. Moh. Adib Khumaidi, Sp.OT, Dr. Prasetyo Widi Buwono, Sp.PD dan Dr. Mahesa Paranadipa, M.H., bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (14/5/2018).

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman

 

Read more...

Yusril Lantik Kepengurusan Muslimat dan Pemuda Partai Bulan Bintang Belitung Timur

BELITUNG TIMUR ;  Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB), Profesor Dr. Yusril Ihza Mahendra, melantik Kepengurus Muslimat, Pengurus Anak Cabang, Pemuda Bulan Bintang serta Brigade Hisbullah Partai Bulan Bintang  se-kabupaten Belitung Timur, di aula Pergib Beltim, Sabtu, (12/5/2018) lalu.

Hadir dalam acara Pelantikan Bupati Beltim Yuslih Ihza Mahendra, Pengurus DPP PBB, Pengurus DPW PBB Babel serta para undangan lainnya. 

Yusril dalam sambutannya menyampaikan, pelantikan ini begitu besar artinya bagi pengurus DPC PBB di Beltim,  untuk itu kita bersama -sama mengucapkan Ikrar/ janji memperjuangkan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini. 

"Terima kasih atas kepercayaan dari seluruh kader, yang telah mempercayakan dirinya menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang," ujarnya.

Partai Bulan Bintang resmi ditetapkan sebagai partai peserta pemilu tahun 2019, akan mengambil langkah partai jelang Pemilu Legislatif dan Pilpres Tahun 2019 mendatang.  

"Kita yakin PBB akan mendapatkan dukungan dari tokoh dan warga masyarakat termasuk organisasi kemasyarakatan serta kepemudaan " ujar Yusril. 

Dukungan PBB, lanjut Yusril, semakin bertambah dari berbagai pihak. Selain pengurus partai, PBB jug fokus pada golongan putih di tanah Air dan pemilih pemula.

Bupati Belitung Timur menyampaikan selamat atas di lantiknya kepengurusan PBB Kabupaten Beltim, dari mulai Pengurus DPC, PAC, Ranting,  Muslimat,  Brigade Hisbullah, dan Pemuda Bulan Bintang ," jelasnya dalam sambutan. 

Yuslih berharap,  para pengurus yang baru dilantik,  dapat lebih meningkatkan hubungan yang sudah terjalin selama ini, bersinergi dengan pemerintah untuk membangun beltim yang lebih baik ," pungkas yuslih.  ( Niza Karyadi)

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.