Menu

Items filtered by date: Sabtu, 12 Mei 2018

Ketum DAG Kutuk Aksi Teror Bom Tiga Gereja di Surabaya

JAKARTA - Perkumpulan Demi Anak Generasi (DAG) mengutuk keras aksi teror bom di tiga gereja di Surabaya pada (13/5) dini hari. Aksi biadab dan tak manusiawi ini tidak dibenarkan dengan alasan apapun.

"Tidak ada agama yang mengajarkan aksi teror bom dengan alasan apapun. Hanya ajaran sesat yang penganutnya dibenarkan melakukan aksi radikalisme dan terorisme," kecam Ketua Umum DAG, Edo Panjaitan, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (13/5/2018).

Aksi teror itu, menurut Edo, bisa dilakukan seseorang yang menganut paham radikalisme maupun kelompok terorisme untuk mencapai tujuan tertentu sesuai pemahaman ajaran sesat mereka. Untuk itu, kepolisian harus segera meningkatkan penanganan terhadap gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme.

"Memberantas aksi radikalisme dan terorisme bukan hanya urusan pemerintah dan aparat keamanan saja, tapi juga menjadi urusan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Itu sebabnya mengapa kemudian, pria yang mengaku sebagai pelayan DAG ini, menghimbau seluruh lapisan masyarakat agar bergerak bersama dan bekerja bersama dengan aparat keamanan untuk lebih berperan aktif mencegah dan menangkal ancaman terorisme.

"Warga Indonesia jangan sungkan untuk memberikan informasi kepada pihak aparat keamanan tentang keberadaan seseorang maupun kelompok yang mencurigakan. Terutama untuk orang yang belum dikenal atau tidak begitu dikenal, harus diantisipasi," cetusnya.

Polri Bertindak Profesional

Di lain sisi, upaya kepolisian dalam menangani peristiwa kerusuhan di Rutan Cabang Salemba, Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, beberapa hari lalu menuai simpatik. Meskipun lima anggota polisi dibantai oleh narapidana teroris secara kejam dan tak berperikemanusiaan, aparat tetap mengedepankan prosedur dan tidak membalaskan perlakuan serupa terhadap narapidana teroris lainnya.

"Masyarakat hormat dan bangga kepada Kepolisian Indonesia yang menangani kerusuhan di Mako Brimob sesuai prosedur. Ini pertanda kepolisian melakukan penegakan hukum secara profesional, berkeadilan, dan menjunjung tinggi HAM," ujarnya.

Edo menuturkan dalam peristiwa penyanderaan selama 38 jam itu, hanya satu orang narapidana teroris yang dinyatakan tewas. Selebihnya, 155 narapidana lainnya menyerahkan diri secara sukarela.

"Ini bukti bahwa program promoter (profesional, modern dan terpercaya) betul-betul diwujudkan. Kepolisian bertindak untuk atas penghormatan HAM bagi setiap warga negara," pungkasnya.(AS)

Read more...

Pasca Bom di Surabaya, Personel TNI-Polri di Jawa Timur Perketat Pengamanan Gereja

PROBOLINNGO ; Pasca tragedi ledakan bom di Surabaya pagi tadi, seluruh personel TNI-Polri di Jawa Timur mulai disiagakan. Tak hanya melakukan pengamanan standart saja. Namun, aparatur keamanan tersebut, juga memperketat dan melakukan patroli pengamanan di setiap gereja yang berada di wilayah tugas masing-masing personel.

Komandan Kodim (Dandim) 0820/Probolinggo, Letkol Kav Depri Rio Saransi menegaskan, terdapat beberapa gereja di Probolinggo yang mendapat pengamanan ketat dari personel TNI-Polri.

“Termasuk salah satunya Gereja Maria Bunda Karamel di Jalan Suroyo, Kota Probolinggo,” ungkap Depri Rio usai memimpin apel patrol pengamanan. Minggu, 13 Mei 2018 siang.

Ia menambahkan, insiden bom yang menyerang 3 titik lokasi di Kota Surabaya tadi pagi, merupakan hal yang sangat disayangkan. “Itu sangat berdampak bagi kondusifitas dan keamanan di Jawa Timur yang selama ini sudah terwujud dengan baik,” tambahnya.

Guna mengantisipasi terjadinya hal itu, kata Dandim Probolinggo ini, dirinya sudah berkoordinasi langsung dengan aparat, maupun Pemda setempat dalam menggencarkan patroli pengamanan gereja di wilayah tugasnya.

“Siaga 1, seluruh personel Kodim dan Koramil, kita siagakan. Nantinya, mereka akan bersinergi dengan aparat keamanan setempat,” tegasnya. {Mayor Inf Teguh}

 

 

 

 

Read more...

Sambut Asian Games 2018, Jasa Marga Gelar Pesta Rakyat

  • Published in Bumn

MOJEKERTO ; PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Surabaya Gempol (Surgem) menggelar pesta rakyat di Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (12/5/2018).

Kegiatan yang digelar di pesta rakyat ini antara lain bazar paket sembako murah, pameran usaha mikro kecil dan menengah, pasar kuliner, dan permainan rakyat.

Dalam kegiatan bazar paket sembako murah, Jasa Marga menyediakan sebanyak 2 ribu paket sembako.

Paket sembako murah tersebut berisi kebutuhan pokok seharga Rp 100 ribu yang terdiri dari 2 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng yang dapat dibeli masyarakat dengan harga Rp 15 ribu.

Seluruh hasil penjualan paket sembako akan disumbangkan ke rumah ibadah yang terdekat dengan Benteng Pancasila, lokasi pesta rakyat Mojokerto.

Dalam menyongsong kemeriahan Asian Games 2018, A.J. Winarsa, General Manager Jasa Marga cabang Surgem berharap masyarakat dapat lebih antusias.

"Pelaksanaan program ini merupakan tugas yang diamanatkan Kementerian BUMN agar terlibat langsung dalam mensosialisasikan, memasyarakatkan, dan memeriahkan Asian Games," ujar Winarsa pada keterangan resmi Jasa Marga.

Dengan komitmen besar menyambut Asian Games 2018, Jasa Marga cabang Surgem telah memasang banner, spanduk, umbul-umbul, plastik, kupon sembako dan media komunikasi lainnya.

Pesta rakyat ini pun mendapat respon positif dari masyarakat Mojokerto, terlihat dari antusiasme masyarakat disetiap sesi acara.

Terutama ketika peserta mengikuti permainan rakyat, serta suasana interaktif dalam kuis yang terkait dengan Asian Games 2018. {ABUS}

Read more...

Ada Pemeliharaan, Simpang Susun Tomang Arah Tangerang Tutup Malam Ini

  • Published in Bumn

PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jakarta-Tangerang Cengkareng (JTC) akan memperbaiki sambungan (Expantion Joint) jembatan Simpang Susun (SS) Tomang Ramp D. Perbaikan tersebut merupakan pemeliharaan rutin.

Pengerjaan yang dilakukan di flyover akses menuju Jalan Tol Jakarta-Tangerang dari jalan arteri Grogol tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 12 Mei 2018 pukul 22.00 WIB hingga Minggu, 13 Mei 2018 pukul 05.00 WIB, atau sekitar tujuh jam. 

"Karena itu, lajur flyover dari arah Grogol menuju Jalan Tol Ruas Kebon Jeruk dan Tangerang akan ditutup sementara selama masa pengerjaan tersebut," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, Sabtu (12/5/2018).

Sebagai jalur alternatif selama proses penutupan SS Tomang Ramp D tersebut, Jasa Marga akan mengalihkan pengguna jalan ke jalur arteri masuk Jalan Tol Kebon Jeruk dan Tangerang melalui traffic light Tomang. Jasa Marga prediksi terjadi kepadatan kendaraan di traffic light Tomang.

Heru menegaskan, Jasa Marga telah berkoordinasi pengalihan lalin dengan satuan Patroli Jalan Raya (PJR) dan menempatkan para petugas pengatur lalin serta menempatkan rambu-rambu di sekitar lokasi pengerjaan.

"Jasa Marga memohon maaf kepada seluruh pengguna jalan tol atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pengerjaan tersebut,” ujar dia.

“Kami juga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk tetap mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan demi kenyamanan dan keselamatan bersama," ucap Heru. (RED}

 

Read more...

Pulau Morotai Berhasil Dikuasai TNI

  • Published in Hankam

MOROTAI ; Tiga pesawat Hercules dari Skadron Udara 32 Malang berhasil menerjunkan 144 personel TNI dari pasukan Para Raider 305 Brigif 17 Divisi 1 Kostrad Malang yang dipimpin oleh Danyon Para Raider 305 kostrad Letkol Inf Deni Juon dan Batalyon Komando 464 Paskhas Malang Jawa Timur yang dipimpin Lettu Pas Archie di Pangkalan Udara Leo Watimena Morotai, kemarin.

Operasi dibagi menjadi dua dimana Tim Yonko 464 Paskhas  dengan kekuatan 48 personel melaksanakn Operasi Perebutan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) yang telah beberapa bulan dikuasai musuh dan Operasi Linud dengan kekuatan 96 personel bertugas untuk menghancurkan sasaran yang berada di wilayah pegunungan Morotai.

Penerjunan pasukan Lintas Udara (Linud) dan Batalyon Komando Paskhas dilaksanakan di pagi-pagi buta sebagai unsur pendadak serangan kepada musuh yang mengusasi bandara Leo Watimena. Penyerbuan secara mendadak dan serentak membuat musuh kocar kacir sehingga mudah dilumpuhkan dan Pulau Morotai berhasil di kuasai penuh oleh TNI.

Serangan pasukan TNI di seluruh wilayah Morotai didahului oleh pengintaian dua pesawat Super Tukano untuk memastikan target sasaran yang akan di hancurkan menggunakan Serangan Udara Langsung (SUL) yang dilakukan tiga pesawat Super Tukano menggunakan bomb MK-53. Selain itu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Hiu 634 dibawah pimpinan Mayor Laut (P) M. Puji Santoso juga melaksanakan operasi penyekatan di wilayah perairan sekitar Morotai Maluku Utara sekaligus memberikan Bantuan Tembakan Kapal (BTU) untuk menggempur kekuatan musuh di Pulau Morotai. 

Suasana pagi di Morotai yang biasanya sunyi dan tenang saat sang fajar mulai beranjak dari peraduannya tiba-tiba terdengar desingan peluru dan rentetan ledakan terdengar dari arah Utara Morotai disertai deru mesin pesawat yang memuntahkan pasukan udara yang terjun dari bagian belakang pesawat. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI yang dilaksanakan diwilayah  Morotai khusunya di Pangkalan Udara Leo Watimena.

Sejumlah pejabat TNI dan Pemda turut hadir menyaksikan Latihan PPRC TNI tahun 2018 yang dilaksanakan di Wilayah Morotai, diantaranya Asisten Operasi (Asops) Kasau Marsda TNI Johannes, Aspers Kasad Mayjen TNI Heri Wiranto, Aslog Kasad Mayjen TNI Irwan, Asrena Kasal Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, Aspam Kasal Laksda TNI Suprianto Irawan, Plt. Gubernur Maluku Utara, Danlanud Leo Wattimena Kolonel Pnb Rachmad Syah Lubis, Bupati Morotai Benny Laos, Danlanal Morotai Letkol Laut (P) Indra Joko Rerangin, Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto dan Kapolres Pulau Morotai AKBP Mikael P. Sitanggang serta Forkopimda Malut dan Forkopimda Kab. Pulau Morotai.  {Kolonel Arm Edwin Habel, S.A.P}

 

Read more...

Cegah Teror Masuk Ambon, Polda Maluku Gelar Apel Luar Biasa

AMBON ; Aksi teror yang dilakukan para teroris belakangan ini sangat memprihatinkan. Rentetan aksi dilakukan dari Rutan Mako Bri-mob Kelapa Dua-hingga di gereja di Surabaya yang menewaskan 8 orang dan 38 lainnnya luka-luka.

Aksi kejam kawanan teroris tidak kemungkinan dilakukan di kota Ambon. Untuk mengantisipasi, kepolisian daerah Polda Maluku melakukan Apel Luar Biasa di lapangan Upacara Polda Maluku. 

"Mengingat beberapa aksi kawanan teroris dibeberapa tempat maka hari ini kami melakukan apel luar biasa yang melibatkan seluruh personil Polda Maluku," ungkap Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Hasanudin kepada media, siang tadi. 

Apel ini intuk mengantisipasi aksi kawanan teroris yang tidak kenal memasuki Maluku khususnya Kota Ambon. 

"Jangan beranggapan Maluku khususnya kota ambon bebas dari aksi teroris, untuk itu saya menyarankan kepada seluruh anggota untuk waspada dan siaga," tegasnya. 

Selain itu, untuk mengecek anggota personil Polda Maluku, peralatan, mobil guna menghadapi aksi.

"Selain itu untuk mengecek anggota, kendaraan guna memasuki tugas untuk menghadapi jika terjadi kontijensi," katanya. 

Menyoal penjagaan markas komandan, rumah Kapolda, Wakapolda serta asrama polisi akan dijaga dengan ketat. 

"Semua markas komandan, rumah dinas harus dijaga dengan ketat dengan menggunakan portal. Modis teroris yang dilakukan orang tidak dikenal tiba-tiba menggunakan kendaraan dam masuk kemudian meledakkan bom," ujarnya. 

Jenderal satu bintang dipundaknya itu juga menyatakan kepada personil anggota dalam melaksanakan tugasnya harus dikawal anggota untuk mendampingi. (Saleh Tuhuteru)

 

Read more...

Kecam Teror, Polda Maluku Kumpul Tandatangan Warga Kutut Teror

AMBON ; Aksi solidaritas serentak secara nasional dilakukan Polri atas insiden yang dilakukan napi teroris Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Insiden yang menewaskan 6 anggota Brimob memantik reaksi di Kepolisian Daerah di Indonesia. 

Seperti hang dilakukan daerah lainnya, tak ketinggalan di Kota Ambon. Kepolisian Daerah Polda Maluku juga melakukan aksi kepedulian serta keprihatinan 

Aksi Kepolisin daerah Maluku melakukan di tiga tempat yang berbeda, yakni Lapangan Merdeka, Jln A.Y. Patty dan Jembatan Merah Putih. 

"Aksi pengumpulan tanda tangan warga di Kota Ambon yang dilakukan kepolisian daerah Polda Maluku terkait aksi teroris yang Enam anggota Polri," ungkap Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. M Roem Ohoirat kepada media di sela-sela aksi tersebut, Minggu (13/5/2018) pagi. 

Aksi solidaritas tersebut ditandai dengan penggalangan tanda tangan oleh masyarakat Kota Ambon. 

”Kami mengecam teror di Mako Brimob). Jadi, melalui sebuah pertunjukan,” ujar Ramadhani salah siswa di kota Ambon saat melakukan jalan pagi, minggu (13/5/2018). 

Hal yang senada juga diungkapkan Tatuhei, Dia pun sangat menyayangkan aksi teror yang menewaskan enam anggota kepolisian tersebut.

"Kami mengutuk tindakan tidak manusiawi yang dilakukan teroris, tindakan teroris harus dibasmi di bumi pertiwi, kami tidak takut teror NKRI harga mati," tegasnya. 

Tak hanya diikuti pelajar, beberapa tokoh masyarakat juga datang dalam aksi menggalang solidaritas tersebut.

”Kami mengecam kerusuhan hingga menyebabkan enam anggota polisi tewas,” tegas Anwar tukang becak saat melintasi kawasan Jln. A.Y Patty.

Reporter ; Saleh Tuhuteru

 

Read more...

Kasum TNI Hadiri 18th Asian Games Parade di Monas Jakarta

JAKARTA ; Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mewakili Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menghadiri Kegiatan 18th Asian Games Parade yang diikuti oleh 5000 peserta, bertempat di silang Monumen Nasional, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Kegiatan Parade Asian Games yang ke 18 di buka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Yusuf Kalla. Acara ini bertujuan untuk memasyarakatkan dan menyebarkan semangat Asian Games di kalangan masyarakat Indonesia yang akan diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus s.d 2 September 2018. {Sus Taibur Rahman}

 

 

Read more...

Sambut Bulan Suci Ramadhan 2018, Lurah Keagungan dan PPSU Lakukan Giat Bersih Masjid dan Musholah

JAKARTA ; Kelurahan Keagungan, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat terus berbenah diri dengan melakukan berbagai inovasi demi terwujudnya keamanan dan kenyamannya warganya.

Salah satu melalui program inovasi yang digagas Lurah Keagungan Suspinah adalah untuk peningkatan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) supaya lebih baik lagi kedepnnya.

Tidak cuma itu, Lurah Keagungan Suspinah bersama PPSU juga melakukan kegiatan bersih-bersih musholah dan masjid yang ada disekitar wilayah kelurahan Keagungan dalam menyambut bulan suci ramadan 1439 Hijriyah.

"Dalam satu hari, kami dapat membersihkan 3 (tiga) mushola dan masjid. Kegiatan ini bertujuan agar warga masyarakat muslim yang hendak melakukan sholat taraweh bisa khusyuk dan merasa nyaman," kata Suspinah pada majalahpotretindonesia.com, Minggu {13/5/2018}.

Ia menjelaskan, di kelurahan Keagungan ada sebanyak 18 mushola/masjid, dan dalam satu minggu alhamdulillah kita sudah bersihkan semuanya.

"Kami terus lakukan monitoring aktivitas PPSU kelurahan Keagungan dengan melibatkan pengurus RT, RW, LMK dan FKDM, termasuk pengurus mushola/masjid dan warga masyarakat RW 010," ungkap Lurah Suspinah.

Dalam menyambut bulan suci ramadan tahun 2018, lanjut Lurah Suspinah, pihaknya melakukan giat pembersihan di mushola Al Abror, Al Falaq dan mesjid Al Muttaqin RW 010 kelurahan Keagungan.

"Inovasi yang dilakukan oleh PPSU kelurahan Keagungan adalah membuat taman hati PKK di setiap Rukun Warga, mulai dari RW 01 hingga RW 010 kelurahan Keagungan, " terangnya.

Bahkan kata Lurah Suspinah, untuk menyambut Asean Games 2018 ini, PPSU kelurahan keagungan juga melakukan kegiatan pengecetan warna warni di halaman kantor Kelurahan Keagungan, termasuk di paving blok halaman kantor, fasilitas publik lainnya hingga terlihat mentereng dan bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat untuk berselfie ria bersama.

Salah seorang warga masyarakat di lingkungan Kelurahan Keagungan, sebut saja Rosa mengakui, sejak kepimpinan Lurah Suspinah, kantor Kelurahan Keagungan nampak berseri, serta corak gambar yang beraneka ragam.

"Kami sering mendorong PPSU untuk berinovasi dan berkreasi dalam memperindah kawasan," pungkas Lurah Suspinah. {tonny buduanto}

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.