Menu

Items filtered by date: Selasa, 10 April 2018

TNI dan Kejagung Sepakat Kerja Sama Bidang Peningkitan SDM dan Kinerja

  • Published in Hankam

CILANGKAP ; Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Kejagung RI) melaksanakan Nota Kesepahaman tentang kerja sama dalam peningkatkan sumber daya manusia dan profesionalisme di bidang penegakan hukum. Nota Kesepahaman ini bentuk kerja sama dalam peningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan, latihan, pengamanan, intelijen, penegakan hukum dan penugasan personel dalam bidang penegakan hukum.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P dan Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo di Gedung Sasana Pradana 1 Kejaksaaan Agung RI, Jakarta Selatan, Selasa (10/4/2018).

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam sambutannya memandang perlu untuk melaksanakan kerja sama antara TNI dan Kejaksaan Agung dalam penempatan sumber daya manusia, untuk melakukan pendidikan, pelatihan dan pemanfaatan fasilitas serta sosialisasi dalam rangka optimalisasi di dalam penegakan hukum. “TNI dan Kejaksaan Agung memiliki infrastruktur yang sama di seluruh wilayah, tentunya kerja sama ini sangat efektif dan efisien untuk melaksanakan tugas masing-masing institusi,” ujarnya.

“Penandatanganan Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk menjadikan pedoman dan payung hukum dalam kesepahaman dan kerja sama TNI dengan Kejaksaan Agung dalam melaksanakan kegiatannya,” kata Panglima TNI.

Lebih lanjut Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan bahwa TNI sebagai alat pertahanan negara berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata baik dari dalam maupun luar negeri karena TNI bertugas sebagai penindak dalam setiap bentuk ancaman.

Menurut Panglima TNI, Nota Kesepahaman ini sesuai dengan Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan Negara.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jaksa Agung Republik Indonesia atas kepercayaan yang diberikan kepada TNI, untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pengabdian kepada bangsa dan negara. “Nota Kesepahaman ini merupakan salah satu bentuk keterpanggilan TNI secara moral dan fungsional  dalam rangka  turut serta mendukung penegakan hukum, demi lancarnya pelaksanaan tugas yang dilaksanakan jajaran Kejaksaan Agung di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucapnya.

“Tentunya atas kepercayaan ini TNI akan menyiapkan personel-personel terbaiknya, yang memiliki dedikasi, loyalitas, profesional dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diembankan dengan berpedoman kepada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutur Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI berharap melalui kerja sama antara TNI dan Kejagung RI akan memberikan arti positif dalam menciptakan dan meningkatkan hubungan kelembagaan yang positif dan bersinergi guna mendukung kepentingan nasional. “Melalui Nota Kesepahaman ini, kita mengharapkan dapat meningkatkan kualitas pengabdian TNI dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia pada bangsa dan negara tercinta,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Jaksa Agung RI H. M. Prasetyo menyampaikan bahwa Nota Kesepahaman merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi positif TNI untuk hadir dan memperkuat Kejaksaan dalam penegakan hukum. “Saya ucapkan selamat atas terbangunnya hubungan kerja sama sinergis ini untuk mewujudkan Indonesia lebih baik, aman, tentram dan berkeadilan,” katanya. { Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono}

 

Read more...

Boeing dan Lion Air Group Resmi Beli 50 Pesawat Boeing 737 MAX 10

  • Published in Ekbis

JAKARTA ; Boeing [NYSE:BA] dan Lion Air Group hari ini mengumumkan bahwa Lion Air Group merealisasikan pembelian 50 Boeing 737 MAX 10 sebagai generasi pesawat terbaru, yang akan menjadi ­­jet berlorong tunggal (single aisle) paling efisien dan menguntungkan di industri penerbangan.

Kontrak pembelian bernilai sekitar 6,24 miliar dolar AS sesuai daftar resmi harga pesawat yang dirilis Boeing. Nominal tersebut menjadikan Lion Air Group sebagai pelanggan Boeing dengan pemesanan pesawat terbesar untuk jenis MAX 10 hingga saat ini.  Pembelian ini merupakan kelanjutan dari komitmen Boeing dan Lion Air Group di Paris Air Show 2017.

Pengadaan Boeing 737 MAX merupakan wujud keseriusan perusahaan yang mempunyai program dalam menyediakan armada dengan mengandalkan pesawat generasi paling baru, modern, berteknologi tinggi dan berusia muda.

“Lion Air Group sangat senang menjadi pelanggan pertama yang melakukan pembelian versi terbaru Boeing 737 MAX 10. Pesawat ini memberikan keuntungan lebih karena memiliki tingkat efisiensi tinggi dari segi bahan bakar, biaya operasional dan sangat sesuai dengan perkembangan armada yang semakin canggih. Kami bangga dapat melanjutkan inovasi dan revitalisasi grup Lion Air dengan kembali mencatatkan tonggak sejarah di industri ini karena kami kembali menjadi yang pertama dalam hal penggunaan teknologi pesawat terbaru,” kata Edward Sirait, President and CEO Lion Air Group.

Edward menambahkan, “Boeing 737 MAX adalah kombinasi sempurna dari jet lorong tunggal dan akan menjadi pesawat yang ideal seiring strategi pertumbuhan Lion Air Group. Boeing 737 MAX 10 akan melengkapi MAX 8 dan MAX 9 yang sudah kami operasikan. Keluarga MAX akan memberikan solusi bagi Lion Air Group sejalan ekspansi bisnis dan komitmen dalam menyediakan layanan dengan mengedepankan kenyamanan tertinggi bagi pelanggan selama perjalanan udara, terutama di kawasan Asia Tenggara. Kami akan terus memimpin pasar aviasi dengan kesungguhan memberikan yang terbaik".

Lion Air Group merupakan pelanggan pertama Boeing dalam peluncuran perdana Boeing MAX 9. Thai Lion Air pada 29 Maret lalu merayakan kedatangan Boeing 737 MAX 9 pertama di dunia. Pesawat beregistrasi HS-LSH mendarat mulus di Bandar Udara Internasional Don Mueang, Bangkok, Thailand (DMK). Dengan mengoperasikan 737 MAX 9 grup ini telah meningkatkan kapasitas angkut (daya muat) penumpang dan kargo serta mendukung pembukaan beberapa rute baru regional/ internasional.

Grup maskapai yang berbasis di beberapa negara kawasan Asia Tenggara ini juga menjadi operator pertama yang menambahkan Boeing 737 MAX 8 ke dalam layanan operasional. Lion Air Group memiliki pesanan tambahan 1.273 pesawat seri MAX, jumlah itu menjadikan Lion Air Group sebagai salah satu operator terbesar di dunia.

Lion Air Group mulai beroperasi pada Juni 2000 dengan Boeing 737-200 dan hari ini, melalui perusahaan utama Lion Air dan anak perusahaannya Malindo Air, Batik Air dan Thai Lion, mengoperasikan lebih dari 186 pesawat Boeing, termasuk 737-800 Next-Generation, 737-900ER serta keluarga 737 MAX 8 dan 737 MAX 9.

“Kami bangga karena Lion Air Group sebagai salah satu maskapai yang paling inovatif dan tengah berkembang pesat ini kembali membuktikan kepercayaannya terhadap kami,” ujar Dinesh Keskar, Senior Vice President, Asia Pacific & India Sales, Boeing Commercial Airplanes.

Dengan 737 MAX 10, lanjut dia, Lion Air akan memiliki serangkaian pilihan armada yang efisien dan andal untuk mengoptimalkan jaringannya dalam melayani pelanggan sekaligus meningkatkan keuntungan.

Boeing 737 MAX adalah seri pesawat yang menawarkan konfirgurasi 130 hingga 230 tempat duduk dengan ketinggian jelajah mencapai 3.850 mil laut atau 7.130 kilometer. Pesawat jet ini dari segi aerodinamika, didesain dan dilengkapi lekukan ujung sayap kembar (winglet) terbaru, dengan tampilan seperti dibelah menjadi dua, satu menjulur ke atas dan satu ke bawah.

Untuk tenaga, 737 MAX didukung mesin CFM International LEAP-1B terbaru. Mesin ini diklaim mampu membuat kabin lebih senyap (memiliki tingkat kebisingan rendah), polusi suara (noise) yang dihasilkan juga sudah diturunkan.

Pesawat ini juga dilengkapi interior Boeing Sky untuk meningkatkan kenyamanan tertinggi penumpang, tampilan panel dan ruang kokpit luas serta berbagai fitur lainnya yang menawarkan efisiensi, keandalan maksimal di kelas pesawat lorong tunggal.

Boeing 737 MAX 10 adalah jenis pesawat terluas di serinya. Fitur utama pesawat dengan panjang 43,8 meter (143 kaki) ini dapat membawa hingga 230 penumpang. Maskapai yang mengoperasikan akan mendapatkan biaya terendah setiap kursi per jarak tempuh (seat-mile cost) terendah di kelas pesawat berlorong tunggal.

Keluarga Boeing 737 MAX merupakan pesawat yang paling cepat terjual sepanjang sejarah Boeing, dengan akumulasi pemesanan mencapai 44.000 dari 96 pelanggan di seluruh dunia. {yo}

 

 

 

Read more...

Masyarakat Beltim Antusias Sambut Tentara Manunggal Membangun Desa

BELITUNG TIMUR ; Tentara Manunggal Membangun Desa {TMMD} adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencan

Program TMMD ke- 101 di Kabupaten Belitung Timur digelar diberbagai pelosok desa, yang bertujuan membantu masyarakat desa membangun akses jalan baik itu berupa jalan menuju perkebunan rakyat maupun jalan kawasan wisata dan sebainya.

"Dengan adanya kegiatan TMMD jelas sangat membantu percepatan pembangunan di desa. Apalagi program pembangunan desa-desa di Kabupaten Belitung Timur tersebut sudah dianggarkan oleh pemerintah desa setempat, kata Jafari selaku Kepala Desa Limbungan di rumah kediamannya, Senin { 9/4/2018) kemarin. 

Dia meyakini, dengan adanya program TMMD di di desa Limbungan semua pembangunan dapat berjalan cepat dan lancar karena dikerjakan secara gotong royong antara tentara bersama masyarakat.

"Jadi, program TMMD ini memang sangat membantu dan mempercepat pembangunan sarana masyarakat di pedesaan termasuk di desa Limbungan Kabupaten Belitung Timur," ujar Japari bangga melihat tentara melebur bersama masyarakat desa yang dipimpinnya. 

Jafari menambahkan, selaku kepala desa Limbongan dirinya sangat berterima kasih dengan hadirnya TMMD, program pembangunan bersama antara TNI dan masyarakat sehinga tercipta rasa kebersamaan dan kekeluargaan.

"Artinya bahwa, kami di desa juga punya konsep membangun,  dalam setiap Rukun Tetangga {RT} di desa Limbungan warganya terkenal kompak, setiap harinya mereka ikut bekerja secara bergiliran, dan ini merupakan bukti bahwa jiwa gotong royong di sini masih tetap terpelihara dan terjaga secara baik," tegas Jafari.

Gotong Royong Membangun Desa

Sementara itu Komandan Dan-SSK (Dan-SSK)  TMMD 101 Kapten Czi. Akhmad Tabrani seijin Dandim 0414 Belitung,  Letkol Kav. Eko Saptono menuturkan bahwa kegiatan TMMD di Belitung Timur dilaksanakan di 3 Desa yaitu Desa Batu Penyu, Desa Jangkar Asam, dan Desa Limbongan, Kecamatan Gantung.

"Masyarakat disini sangat antusias menyambut kehadiran prajurit TNI beserta tim satgas TMMD, terutama warga masyarakat desa Limbungan begitu senang dengan kehadiran tentara dan tim satgam yang tergabung di TMMD," ungkap Kapten Achmad Tabrani.

Ia menjelaskan, bahwa sasaran kegiatan yang ada di 3 desa, pertama untuk  Desa Batu Penyu, kegiatan difokuskan pada peningkatan jalan sepanjang 2 km. Selanjutnya ditingkatkan membangun 1 gorong-gorong yang berlokasi jalan Parit Tebu. 

"Jalan ini jika diteruskan akan menuju dusun Langkang dan desa Lintang sepanjang 12 km yang nantinya akan dikerjakan secara bertahan sesuai arahan pihak pemerintah daerah setempat," terangnya.

Pada tahun mendatang, Pemda Belitung Timur akan di kerjabhaktikan pembangunan jalan Parit Tebu sampai menuju dusun Langkang desa Lintang.

Sasaran berikutnya adalah Rehab PAUD. "Disini ada pekerjaan MCK,  Pengecatan, dan pekerjaan arena permainan anak-anak yang berlokasi di jalan Matyasin, dusun Kundur desa Batu Penyu. Termasuk pembangunan sumur gali, gorong-gorong dan penimbunan halaman di lokasi Pos Yandu, serta pembangunan siring sepanjang 130 meter," ujarnya.

Sedangkan untuk Desa Jangkar Asam, juga akan kita bangun jalan sepanjang 725 meter, dan pembangunan plat deker. 

"Adapun di desa Limbungan ada 3 titik jalan yang akan dibangun yakni jalan menuju kawasan wisata gunung Lumut sepanjang 2,2 km,  satu jembatan dan satu gorong-gorong. Pembangunan jalan 1,2 km, lokasi depan kantor Desa Limbungan, pembangunan Talud sepanjang 200 meter dan pembangunan 1 plat deker .

pembangunan jalan dilokasi aik limau sepanjang 700 meter dan 1 gorong-gorong," jelasnya.

Sampai hari ini, kata Kapten Ahmad Tabrani, total jalan yang dikerjakan bersama TMMD sepanjang 6 km,  yang 3,5 km itu adalah progres dari yang sudah direncanakan oleh Pemda Beltim yaitu sepanjang 2,5 km. 

"Perencanaan ini sudah ada Mou antara Pemda Beltim dengan Dinas Sosial dan Kepala Desa, " pungkas Kapten Achmad Tabrani. {Niza Karyadi}

 

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.