Menu

Items filtered by date: Jumat, 09 Februari 2018

Gelar Komunikasi, Satgaskes TNI Percepat Proses Evakuasi Pasien ke RSUD Agats

  • Published in Hankam

PAPUA ; Tim Gabungan Satgaskes TNI terus melakukan pendampingan terhadap pasien rawat jalan campak dan gizi buruk di pedalaman Asmat. Disamping itu, apabila masih ada anak yang belum mendapat vaksin, maka akan segera divaksinasi. Sedangkan pasien yang kondisinya parah dan perlu penanganan khusus, akan segera dievakuasi ke RSUD Agats.

“Dengan adanya gelar komunikasi oleh Satkomlek TNI yang menghubungkan Posko Satgaskes TNI ke 23 distrik, dapat mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi dan berita,” kata Komandan Tim Kesehatan (Dantimkes) TNI Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi, Sp.OT pada saat penjemputan pasien di Pelabuhan Yos Sudarso, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Jumat (9/2/2018).

Lebih lanjut Dantimkes TNI Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi menyampaikan bahwa dari data yang masuk ke Posko Satgaskes TNI, hari ini telah dilakukan evakuasi terhadap 2 (dua) orang anak. Pertama, Sefania usia 6 (enam) berjenis kelamin perempuan, merupakan anak dari Bapak Daniel Ban dari Kampung Bine Distrik Atsy, dengan keluhan sesak nafas/curiga pneumonia. Kedua, Joseph usia 6 (enam) bulan berjenis kelamin laki-laki, merupakan anak dari Bapak Andreas dari Kampung Baipinam Distrik Akats dengan diagnosa gizi buruk. “Saat ini, keduanya sudah ditangani di UGD RSUD Agats, Kabupaten Asmat,” ucapnya.

Dantimkes TNI Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi menuturkan bahwa dalam proses evakuasi terhadap pasien a.n Joseph dari Distrik Akats, terlihat suatu kerja sama dan sinergitas yang baik dilandasi semangat juang yang tinggi dari berbagai pihak baik dari TNI, Polri, Kemenkes RI maupun Pemda setempat.

Menurut Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi, sejak berkurangnya jumlah kasus campak dan gizi buruk sehingga dicabutnya status KLB Asmat, Satgaskes TNI masih menemukan satu atau dua anak yang menderita campak maupun gizi buruk, kondisi ini merupakan hal yang normal atau wajar.  “Tim Satgaskes TNI melakukan penanganan medis terhadap setiap kasus yang ditemukan secara cepat dan disertai pendampingan,” ujarnya.

“Apabila masih ada warga yang anaknya belum mendapatkan vaksinasi campak supaya segera membawa anaknya ke Puskesmas terdekat. Begitu juga bila warga Asmat menderita sakit dianjurkan untuk segera berobat,” kata Dantimkes TNI Letkol Ckm dr. Shohibul Hilmi. ( Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi)

 

Read more...

Terkait Penambangan di Laut, Sikap Pansus KIP DPRD Kabupaten Beltim Tidak Jelas

BELITUNG TIMUR ; Rekomendasi Pansus Kapal Isap dan Tambang Laut (KIP) yang dibacakan dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Belitung Timur pada tanggal 6 Februari 2018 bersikap "abu-abu" dalam memutuskan pertambangan laut di wilayah peraiaran Beltim.

" ini yang jadi pertanyaan masyarakat, ormas dan LSM di daerah," demikian dikatakan Ketua Wakasbangda kabupaten Beltim Rudi Jw kepada awak media di kediamannya, Manggar, Jumat (9/2/2018).

Tidak cuma itu, Rudi pun menilai kinerja  pansus KIP DPRD kabupaten Beltim juga tidak subtantif. Menurut dia, Pansus KIP tersebut tidak bakalan mampu mengurai persoalan penambangan timah di wilayah perairan Beltim, kalau tujuannya hanya untuk mencari -cari kelemahan suatu perusahaan.

" Pansus KIP inikan dibentuk menggunakan kas daerah sebesar Rp 149 juta, alangkah sayang uang sebesar itu hanya dipakai untuk kumpul-kumpul dan makan-makan anggota dewan saja tapi bukti dari kerja masih nol, " ungkap Rudi. 

Apalagi lanjut dia, Pansus KIP tidak melibatkan pihak-pihak yang kompeten di bidangnya, akibatnya kesimpulan yang dibuat tidak mendasar dan diragukan kebenarannya, 

"Salah satu contoh, Pansus KIP mempertanyakan iuran tetap pada tahap eksplorasi. "Logikannya dirjen mineral dan batubara tidak akan mengumumkan c & c -nya, kalau kewajiban iuran tetap belum dibayarkan," tukas Rudi.

Termasuk soal alamat kantor, dan afiliasi perusahaan yang notabene adalah bukan subtansi dari dasar pencabutan IUP.

"Masalah RKAB, dokumen tahunan perusahaan sebagai laporan dan rencana pelaksanaan kegiatan setiap tahun juga dipersoalkan oleh Pansus KIP. "nnformasi ini seharusnya dimintai langsung dari pihak perusahaan baru kemudian disingkronkan dengan data yang ada di Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Bangka Belitung," terangnya

Dan, apakah ini memang sudah menjadi keputusan politik DPRD atau hanya keputusan beberpa orang anggota DPRD? "Ini juga tidak cukup alasan bagi Pansus KIB yang tidak bersikap penuh soal tambang laut menolak atau menyetujui, " pungkasnya. (niza karyadi)

 ( Niza karyadi)

  

 

Read more...

Bupati Beltim Yuslih : Pers Berperan Penting sebagai Pilar Penyebar Aspirasi Masyarakat   

PADANG ; Bupati Belitung Timur (Beltim) Yuslih Ihza menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional 2018 di Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2). Demikian press release yang disampaikan diskominfo Beltim dari Padang, Sumatera Barat.

Acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo dan ibu negara, turut pula dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Sofyan Djalil, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, DPR RI, gubernur , Kapolda.  Pangdam,Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, dan seluruh insan pers seluruh Indonesia.

Bupati Yuslih mengatakan peran pers sangat penting di era kemajuan teknologi digital ini.

“Diera kemajuan teknologi ini, peran media harus mampu memberikan informasi yang berkembang dengan cepat di semua media. Harapan saya, media sebagai mitra pemerintah dapat berkontribusi yang baik dengan menyajikan berita dan informasi berdasarkan fakta,” ujar Bupati Yuslih Ihza  yang didampingi Kadiskominfo Babel dan Kadiskominfo Beltim Hartoyo, Sekretaris DPRD Beltim, Evi Nardi, Syahrial selaku Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan Kabupaten Beltim.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan , pers sangat diperlukan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, pers dan penegak fakta. 

"Pers sangat penting, sebagai pilar penyebar aspirasi masyarakat, memotret masyarakat yang semakin bergerak semakin efisien berbasis digitalisasi dengan analisi data dan fakta," kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi bertukar peran sebagai “wartawan”. Salah satu wartawan senior dari Surabaya, Yusri Nur Raja Alam, akhirnya ditunjuk Jokowi dari sekian wartawan yang tunjuk tangan untuk maju ke depan.

.Jokowi menyampaikan selama jadi presiden sering ditanya wartawan dengan pertanyaan yang sulit. Jokowi kemudian meminta Yusri berperan menjadi presiden, dan Jokowi menjadi wartawan.

"Saya sering ingat kalau pas dicegat door stop 80-90 wartawan. Pertanyaannya banyak sekali, ditengah-tengahnya pertanyaan yang sulit,” kata Jokowi.

Jokowi bertanya, ”Menteri yang bapak anggap penting yang mana, to the point aja, jangan muter-muter saja."

"Menteri yang mengurusi wartawan, yakni menteri kominfo," kata Yusri.

Jokowi mempertanyakan alasannya.

"Supaya informasi disampaikan, dari kota ke desa, desa ke kota, semua menerima informasi, termasuk informasi politik," kata Yusri

Dialog yang dilakukan Presiden dengan Yusri mendapat apresiasi dari para undangan yang menyaksikan dan mendengarkan  jawaban yang disampaikan Yusri.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan penghargaan di bidang pers yakni penghargaan pena mas, penghargaan pengabdian di bidang pers, penghargaan masyarakat pers dan penghargaan adinegoro untuk 7 kategori yakni reporting, foto, karikatur, televisi, radio dan siber. (Niza karyadi.) 

 

 

Read more...

Panglima TNI Hadiri Puncak Peringatan HPN di Kota Padang  

  • Published in Hankam

PADANG ' Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018, di Pantai Purus, Danau Cimpago, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Jumat (9/2/2018).  Puncak Peringatan HPN dengan tema “Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan”, dihadiri pula oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang, serta sejumlah Menteri Kabinet Kerja Bersatu, Gubernur Sumbar, para Duta Besar negara sahabat, Pemimpin Redaksi Media Massa, dan lain-lain.

Kegiatan HPN tahun 2018 di Kota Padang diselenggarakan oleh insan pers nasional dari berbagai elemen, antara lain Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI). (Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H)

 

Read more...

Antisipasi Pengamanan Penetapan, Wakapolda Maluku Rapat Konsultasi KPUD

AMBON ; Pengamanan pemilihan kepala daerah serentak tahap III memerlukan pengamanan dari kepolisian, sehingga adanya koordinasi serta komunikasi antara KPUD. 

Kendati proses pentahapan dari KPUD  serta pengamanan dari pihak kepolisian sudah dilaksanakan dengan baik. 

Seperti dilakukan pada pemilihan kepala daerah Maluku yang memasuki tahap penetapan bakal calon gubernur dan wakil gubernur pada tanggal 12 Februari mendatang. 

Penetapan bakal calon gubernur  dan wakil gubernur Maluku akan dihadiri massa dari tiga bakal. 

Tiga bakal calon yang mengikutii  yang akan diumumkan diantaranya Said Assagaff-Andreas Retraubun (SANTUN), Morat Ismail-Barnabas Orno (BAILEO) dan pasangan calon independen Herman Koedodboen-Abdullah Vanath (HEBAT). 

Hal ini dilakukan Wakapolda Maluku, Brigjen Hasanuddin dengan komisioner KPUD Maluku di kantor KPUD. Pertemuan ini guna membahas serta mengkoordinasi pola pengamanan pada tahap penetapan bakal calon. 

"Tahapan Pilkada yang dilakukan salam proses pengamanan sudah dilakukan dengan baik dari pihak kepolisian Daerah Polda Maluku," ungkap ketua KPUD Maluku Samsul Kobangun. 

Dirinya menambahkan penetapan bakal calon pada tanggal 12 Februari, sehingga dibutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian. 

"Kami tidak mengundang bakal calon untuk hadir pada tanggal 12 Februari, kami hanya mengundang tim penghubung dari masing-masing calon," terangnya. 

Sementara menurut Wakapolda Maluku Brigjen Hasanuddin tugas polisi adalah mengamankan kamtibmas pelaksanaan Pilkada sepenuhnya dengan baik. 

"Untuk kedatangan massa dari tiga kandidat, sehingga dibutuhkan pengamanan untuk itu harus disiapkan terlebih dahulu personil, untuk itu kita lakukan rapat dengan komisioner KPUD Maluku," 

Selain itu Mantan Kapolres Ambon mengungkapkan pengamanan terkait dengan agenda nasional Kongres HMI ke XXX di Kota Ambon. 

"Kota Ambon akan dipadati tamu dari luar daerah jelang kongres HMI ke XXX sehingga pola pengamanan harus disiapkan lebih matang," tegasnya. (Saleh Tuhuteru

 

 

 

 

 

 

 

Read more...

Kasum TNI Hadiri Rakor NDHI di Bali  

  • Published in Hankam

DENPASAR ; Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, MPA, MBA menghadiri Rapat Koordinasi NDHI (National Defence and Hightech Industries) dalam rangka konsolidasi industri strategis menunjang kemandirian industri dalam negeri,  yang digelar oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), bertempat di Ballroom Hotel Inaya Putri, Nusa Dua Bali, Jumat (9/2/2018).

Acara Rapat Koordinasi (Rakor) BUMN dihadiri pula oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, sekaligus memberikan pembekalan tentang sinergi industri strategis dalam negeri. Turut hadir pada acara tersebut, para Dirut, Direksi dan Komisaris dari 6 (enam) BUMN yaitu, PT. Pindad (Persero), PT. Dirgantara Indonesia (Persero), PT. Dahana (Persero), PT. Len Industri (Persero), PT. Industri Telekomunikasi Indonesia dan PT. Industri Nuklir Indonesia (Persero). (Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H)

 

Read more...

Polisi Tetapkan Kasat Narkoba Polres SBB Tersangka

AMBON ; Polisi harusnya menjadi teladan yang baik bagi masyarakat untuk tidak berbuat hal yang dilarang oleh polisi. 

Apalagi yang dilakukan oknum polisi adalah menjual narkoba jenis sabu-sabu kepada pejabat. 

Seperti yang dilakukan Kasat Narkoba Polres Seram Bagian Barat (SBB) Ibtu YT kepada Sekwan SBB pekan kemarin. 

Pengungkapan dugaan keterlibatan Kasat Narkoba SBB setelah diinterogasi Sekwan saat ditangkap sedang mengonsumsi narkoba jenis sabu. 

"Hasil pemeriksaan terhadap Sekwan SBB didapatkan keterangan bahwa, BB Narkoba yang ada pada dia ketika ditangkap beberapa waktu yang lalu didapatkan dari Kasat Narkoba SBB Iptu YT," ungkapan K

dari keterangan tersebut kemudian kasus tersebut diambil /ditarik penyidikannya ke Ditresnarloba Polda Maluku. 

Pada hari Sabtu tgl 3 Februari 2018 atas perintah Diresnarkoba Kombes Pol Tien Tabero, personil Ditresnarkoba Pold Maluku dibantu oleh Propam Polda Maluku melakukan penggeledahan diruang Kasatnarkoba Polres SBB iptu YT dan didapatkan barang bukti berupa uang Tunai sejumlah 3,6 juta dan

dari hasil interogasi terhadap Iptu YT ia mengakui  bahwa sebagian uang tersebut merupakan hasil penjualan narkoba kepada Sekwan. 

Selain itu juga di ruang kerja iptu YT ditemukan pil PCC sejumlah 10 butir yang dikemas dalam plastik bening. Saat ini Iptu YT telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Ditresnarkoba Polda Maluku. (Saleh Tuheteru)

 

 

 

Read more...

Kodam XVI Pattimura Musnahan Barang Bukti

  • Published in Hankam

AMBON ; Kodam XVI/Pattimura menggelar pemusnahan barang bukti perkara terdakwa Mayor Cba Sisko Herbert Woy berupa ransum (Konserven kadaluarsa), Parapin, Kompor Lapangan dan lainnya di Pelabuhan Gudang Arang Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kasi Lidik Mayor Cpm M Yusuf S. Kegiatan ini digelar Berdasarkan Surat Kaotmilti III/Surabaya Nomor B/30/I/2018 tanggal 29 Januari 2018 tentang pemusnahan Barang Bukti perkara terpidana Mayor Cba Sisko Herbert Woy, SH, Putusan Pengadilan Militer Tinggi III Surabaya Nomor 22-K/PMT/AD/XI/2017 tanggal 14 Desember 2017 dan Akte Putusan Telah Memperoleh Kekuatan Hukum Tetap Nomor ABHT/22-K/PMT.III/AD/XII/2017 tanggal 22 Desember 2017 dalam perkara Terdakwa Mayor Cba Sisko Herbert Woy, SH.

Kapok Ormil dari Kesatuan Otmil IV-19 Ambon Letkol Chk R Ach Agus Purmowijoyo dalam wawancara persnya mengatakan, kegiatan pemusnahan sejumlah barang bukti tersebut setelah adanya putusan perkara sesuai dengan pasal 149 KUHPM pasal 14 huruf a ayat (1) KUHP jo Pasal 15 KUHPM jo Pasal 190 ayat (1) UU RI Nomor 31Tahun 1997 tentang Peradilan Militer dan ketentuan perundang-undangan yang bersangkutan.

"Pengadilan MiliterTinggi III Surabaya, mengadili dan menyatakan terdakwa Mayor Cba Sisko Herbert Woy, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana menjual perlengkapan militer, terdakwa dikurung pidana penjara 4  bulan dengan masa percobaan selama 6 bulan. " Ujar Letkol Agus.

Pemusnahan barang bukti berupa 1 dos + lima pak kompor lapangan, 9 dos + 95 unit BBP, 19 ikat konserven, 4 dos T-2 SP, 4 dos + 2 unit T-2 PJ, 4 dos + 5 unit T-2 P, 4 dos+8 unit FD-3, 4 dos+24 unit C-1, 48 konserven, 3 dos BBP, 39 konserven; berupa 4 dos T-2 SP, 5 dos T-2 PJ,10 dos T-2 P, 2 dos FD-3 dan 5 dosC-1.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Pabanda Bekang Slogdam Mayor Cba Estu Mulyono, Kasibek Bekangdam Mayor Cba Ismail, Kagudkan Permin Satri Bekangdam XVI/Pattimura Kapten Cba Zainudin Bahta dan Kasiduk Bankum Kumdam XVI/Pattimura Kapten Chk Zaldy. (Pendam16)

 

Read more...

Kiprah Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya

AMBON ; Selain melaksanakan tugas pokok menjaga stabilitas kemanan di wilayah binaannya, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) 1506-03/Airbuaya melaksanakan beberapa kegiatan sosial yang mana tujuan utamanya adalah membantu kesulitan masyarakat, Kamis (08/02)

Menindaklanjuti dari pelaksanaan Sosialisasi tentang penyakit katarak yang diterima dari himpunan umat Budha (Walubi) kepada seluruh Babinsa,Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya, Sertu Sudarmin Anis melaksanakan kegiatan sosialisasi penyakit Katarak kepada masyarakat Desa Selewadu demi menyampaikan apa yang dia terima sewaktu mengikuti Sosialisasi Katarak di Kodim 1506/Namlea.

Dalama waktu yang sama Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya Sertu Djafar Rumagia melaksanakan pendataan Demografi  Desa Balbalu di rumah Kades Balbalu, Babinsa Koramil 1506-03/Airbuaya,

Serda Agus salim dan Koptu Bahtir melaksanakan pendampingan penanaman jagung bersama petani desa Awilinan serta Babinsa Ramil 1506-03/Airbuaya

Sertu Nasarudin Harun melaksanakan pendataan demografi di kantor Desa bersama aparat Desa Wamkana.

Adapun egiatan yang dilaksanakan Babinsa jajaran Koramil 1506-03/Airbuaya Kopda Kamarudin Waly melaksanakan Komsos dengan kelompok Nelayan Desa Nalbesy serta ‎Danramil 1506-03/Airbuaya bersama Babinsa melaksanakan sosialisasi penerimaan  prajurit TNI -AD di SMA Tarbiyah Airbuaya dan Babinsa Ramil 1506-03/Airbuaya Serka Imran melaksanakan pendampingan kepada petani jagung Desa Bara.

 

Read more...

Satgaskes TNI Lakukan Screening Radang Telinga Siswa SMPN 2 Agats

PAPUA ; Tim dokter dan paramedis Satgaskes TNI dibawah pimpinan Mayor Ckm dr.Junicko Sacrifian Anoraga, Sp.THT melakukan screening radang telinga tengah kronik (congek) atau Otitis Media Supuratif Kronik (OMSK) terhadap siswa siswi dan guru SMPN 2, Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Rabu (7/2/2018).

Hasil yang diperoleh sangat baik, dari 263 siswa siswi hanya ditemukan 1 (satu) kasus siswa yang menderita penyakit congek/OMSK. Untuk mengobatinya, dokter memberikan resep obat yang dapat diambil di RSUD Agats. Kegiatan screening ini dilakukan dalam rangka tindakan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif terhadap kesehatan telinga anak-anak sekolah sebagai generasi penerus bangsa.

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.