Menu

Ismono : Urusan Kantin Bukan Domain Kepala Sekolah

  • Written by 
Ismono : Urusan Kantin Bukan Domain Kepala Sekolah

JAKARTA ; Keberadaan koperasi di Sekolah Menengah Pertama {SMP} Negeri 7 Utan Kayu Utara, Jakarta Timur terbilang cukup menjanjikan bagi para anggotanya. 

Pembentukan koperasi yang merupakan badan usaha lahir dari ide Kepala Sekolah SMPN 7 Utan Kayu Utara, yang merasa peduli dengan kehidupan para pedagang kantin di SMPN 7 Utan Kayu Utara yang kehidupannya pas-pas-an. 

"Harapan saya dengan bergabungnya para pemilik kantin jadi anggota koperasi, kehidupan mereka bisa lebih baik kedepannya," kata Ismono, Kepsek SMPN 7 Utan Kayu Utara, Jakarta Timur di kantornya, baru- baru ini. 

Ia mengatan, Koperasi Sekolah dibentuk dari tingkat SD, SMP dan SMA. Bahkan, Tidak penghuni Rusunawa pun diwajibkan untuk mendirikan kantin, seperti yang diatur dalam Pergub DKI Jakarta, nomor. 230/2014 tentang Koperasi dan Ingub nomor. 235/2016 tentang Keberadaan Koperasi di Jakarta.

Pantauan majalahpotretindonesia.com,  bahwa SMPN 7 Utan Kayu Utara, Jakarta Timur telah mempunyai kantin tempat para siswa/i bersantap makanan usai jam istihat, namun kondisi kantin terkesan kotor dan kurang terawat.

"Memang perlu ada perbaikan bila perlu kita bangun kantin baru agar terlihat lebih bersih dan nyaman, ujar Ismono yang sudah hampir dua tahun menjabat sebagai Kepala Sekolah SMPN 7 Utan Kayu Utara tersebut.

Kehadiran Koperasi Maju Bersama {KMB} SMPN Utan Kayu Utara tersebut sempat menjadi sorotan salah satu LSM di Jakarta Utara, yang menuding Ismono, selaku kepala sekolah memungut uang iuran kepada pemilik kantin.

Ketika isu tersebut ditanyakan langsung ke Ismono, ia membantahnya. Menurut dia, berita itu bohong, apa kepentingan saya sebagai kepala sekolah memungut uang sewa ke setiap pemilik kantin. 

"KMB inikan saya bentuk untuk mengayomi para pedagang di kantin sekolah supaya lebih maju dan meningkat pendapatannya, salah satu mereka kita libatkan di koperasi sebagai anggota dengan tidak memungut biaya sesenpun," ungkapnya.

Menurut dia, tudingan LSM itu terlalu mengada-ada, masak ada kepala sekolah yang ngurus kantin.

Koperasi Maju Bersama SMP Negeri 7 Jakarta, jelas dia, sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dan Pejabat Pembuat Akta Tanah, Arnasya A. Pattinama, SH, dengan Akte Pendirian Nomor : 4 tanggal 6 Maret 2017. {tonny budianto}

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.