Menu

Poltek Ambon Tutup Pendaftaran Jalur PMDK 

AMBON; Pembukaan pendaftaran mahasiswa baru politeknik negeri ambon jalur PMDK resmi ditutup sejak tanggal 14 April 2018.

Jumlah yang daftar melalui onlain itu sebanyak 54 orang, namun pihak panitia penerimaan hanya menerima calon yang memilih pilihan pertama pada proses pendaftaran. 

"Kami menerima calon mahasiswa pada jalur ini hanya calon mahasiswa pada piiihan pertama masuk Poltek Ambon," ungkap Pudir I Julius Buyang kepada media ini di ruang kerja, siang tadi. 

Sebanyak 25 orang yang di ambil yang memenuhi syarat, sementara yang memasukan berkas baru 20 orang.

"Kami sedang menunggu 5 orang yang belum memasukan berkas untuk kemudian dilakukan validitas hingga tanggal 28 April mendatang," jelasnya. 

Selain itu pembukaan penerimaan mahasiswa jalur umum atau tertulis akan dilakikan pada 23 April - 26 Mei 2018.

"Untuk pendaftara ujian masuk jalur tulis akan dibuka pada Senin depan hingga 25 Mei mendatang," katanya. 

Jalur PMDK-PN adalah Jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon siswa-siswi berpretasi dari suatu sekolah yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di seluruh Indonesia. Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya adalah sekolah yang mendapatkan Undangan dari Panitia PMDK-PN.

Seleksi PMDK-PN diadakan secara serentak yang didasarkan pada prestasi akademik siswa dengan melihat nilai raport dan prestasi-prestasi lainnya selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Siswa yang memiliki prestasi unggul dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa baru melalui jalur PMDK-PN.

Biaya pendaftaran jalur PMDK-PN ini adalah gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Jalur PMDK-PN ini juga memberi kesempatan kepada calon peserta yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki prestasi akademik unggul untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi Program Bidikmisi jalur PMDK-PN atas dasar usulan Kepala Sekolah.

Penerimaan mahasiswa pada Poltek Ambon  untuk 11 program studi tahun 2018 sebanyak 875 orang. 

"Ujian masuk perguruan tinggi Poltek ambon dilakukan pada 2 Juni secara serentak di Indonesia dengan hanya menerima kuota sebesar 875 mahasiswa untuk 11 prodi," ujarnya. (Saleh Tuhuteru)1

 

Read more...

Gelaran UN SMAN 4 di Pulau Haruku Berjalan Lancar

MALUKU; Pelaksanaan ujian nasional (UN) 2018 SMA 4 Pulau Haruku Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku berjalan lancar.
Hari keempat UN diselenggarakan dengan mata pelajaran Biologi berjalan sesuai harapan.

Kepala Sekolah SMAN 4, M.Din Salampessy mengemukakan pelaksanaan UN SMAN dan sederajat memang relatif lebih lancar dan sesuai dengan harapan.

"Dari laporan-laporan cangkupan pelaksanaan UN sekarang lebih baik dari sebelumnya," katanya di ruang kerja usai pelaksanaan UN.
Salampessy mengevaluasi selama pelaksanaan UN tidak ada kendala terkait kekurangan soal mulai hari pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia.

"Mulai pelaksanaan UN hari pertama hingga kini berjalan dengan baik, tidak ada kendala terkait soal ujian," ungkapnya.
Dirinya berharap siswa yang mengikuti UN mendapatkan nilai yang bagus.  

"Kami berharap siswa SMAN 4 Pulau Haruku mendapat nilai yang lebih baik dari tahun sebelumnya," harapnya.

Sebelumnya, Pekabat Negeri Kabauw, Zainudin Karepesina secara resmi membuka sampul Ujian Nasional (UN) di SMA Negeri  6 Pulau Haruku, Senin (9/4/2018).

Karepesina yang didampingi Kepala sekolah serta perwakilan dinas pendidikan Kabupaten Maluku Tengah membuka sampul Bahasa Indonesia yang merupakan mata pelajaran pertama UN tahun 2018.

Sebanyak 50 siswa SMA Negeri 4 Pulau Haruku mengikuti UN Bahasa Indonesia tahun 2018.

Kepala SMA Negeri 4 M.Din Salampessi mengemukakan, para peserta UN telah menjalani ujicoba beberapa kali, terutama menjawab soal-soal.

"Siswa telah kami membekali sebelumnya mengikuti UN pada 9 - 12 April 2018," ujarnya.
Peserta UN untuk SMA/ MA yang masih menggelar UNKP di Maluku berjumlah 250 sekolah dengan jumlah siswanya 16.830 orang. (Saleh Tuhuteru)

Read more...

Panglima TNI : Pemuda Pemimpin Masa Depan Bangsa

CILANGKAP ; Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. mengatakan bahwa pemuda pemimpin masa depan bangsa, oleh karena itu pendidikan karakter bagi generasi muda menjadi sangat penting dan harus terus menerus dilakukan oleh semua pihak demi harapan dan masa depan bangsa Indonesia.

Demikian sambutan tertulis Panglima TNI yang dibacakan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedi Permadi, S.E., M.M.D.S., dihadapan 368 Siswa-Siswi SMA Taruna Nusantara pada acara pembekalan kepada peserta Karya Wisata Kelas XI yang bertemakan “Dengan Karya Wisata Edukasi Kita Siapkan Kader Pemimpin Bangsa Yang Berkarakter dan Handal”, di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (10/4/2018).

“Kita harus menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkarakter dan handal sejak dini memang perlu dilakukan mengingat makin dinamis dan kompleksnya tantangan yang dihadapi bangsa dan negara,” tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut Panglima TNI menjelaskan bahwa kepemimpinan yang diharapkan adalah kepemimpinan Pancasila yang memiliki sifat kepemimpinan modernn sepertii berorientasi jauh ke depan dalam menentukan kebijaksanaan dan memecahkan persoalan, masa yang akan akan datang selalu diperhitungkan. “Kita bukan hidup untuk masa lampau, tetapi hidup untuk menyongsong masa yang akan datang,” ucapnya.

Sifat kepemimpinan modern yang kedua menurut Panglima TNI yaitu berlandaskan pola pikir ilmiah, dalam mengambil keputusan harus sesuai dengan permasalahan serta diperlukan data dan informasi sebagai analisis dan kesimpulan. Ketiga, berpegang pada prinsip efisien dan efektif, dipadukan dengan nilai atau azas Pancasila agar terdapat tercapai keselarasan,  keserasian dan keseimbangan.

Dalam sambutannya, Panglima TNI juga mengatakan bahwa setiap lembaga pendidikan termasuk SMA Taruna Nusantara, memiliki tugas utama mengembangkan kemampuan nilai-nilai akademis, dan terkandung tugas paling mulia dalam rangka mengembangkan potensi kepemimpinan sebagai generasi penerus bangsa di masa depan.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, karakter mengandung arti suatu tingkah laku dari manusia yang berbudi luhur dan tumbuh sebagai kebiasaan serta dapat berubah akibat pengaruh lingkungan.  “Oleh karena itu, perlu usaha membangun karakter dan menjaganya agar tidak terpengaruh oleh hal-hal yang menyesatkan dan menjerumuskan,” katanya. {Plt. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) H. Agus Cahyono }

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.