Menu

Presiden Jokowi Targetkan Bangun 31 Bendungan

  • Written by 
Presiden Jokowi Targetkan Bangun 31 Bendungan

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dalam masa kepemimpinannya selama lima tahun ke depan menargetkan akan membangun kurang lebih 31 bendungan di beberapa wilayah di Indonesia.

Pembangunan bendungan ini sebagai upaya pendukung dalam program perbaikan irigasi bagi para petani di Indonesia untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

"Kementerian PU sudah melakukan survei, ada 73 titik di Indonesia yang berpotensi dibangun bendungan. Dari jumlah itu 47 sudah kami datangi, dan kami akan bangun 31 bendungan sampai akhir tugas nanti," kata Menteri Pekerjaan Umum, ‎Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan, Kamis (30/10/2014).

Dalam masa jabatannya yang hanya dua bulan di 2014, Jokowi melalui Kementerian‎ PU menargetkan untuk melakukan tender 5 buah lokasi pembangunan bendungan.

Lima bendungan tersebut berlokasi di‎ Banda Aceh, Banten, Kudus, Nusa Tenggara Timur dan Kalimantan Timur.

"Minimal lima itu bisa ditandatangani komitmennya, untuk kemudian 2015 mulai bangun tapi di tahun itu juga kami akan bangun lagi enam bendungan lagi‎, lalau selanjutnya 20 bendungan lagi," tegas Basuki.

Sayangnya Basuki masih belum dapat mengungkapkan berapa investasi yang dikeluarkan pemerintah untuk membangun bendungan-bendungan tersebut.

Untuk mendukung pembangunan bendungan sebagai sarana penopang pencapaian kedaulatan pangan‎ itu Kementerian PU juga akan melakukan prmbangunan sarana irigasi, baik irigasi baru atau hanya perbaikan. (red/dbs)


back to top
Info for bonus Review William Hill here.