Menu

Gelar Permainan Gobak Sodor, TMMD Peduli dengan Kearifan Lokal 

  • Written by 
Gelar Permainan Gobak Sodor, TMMD Peduli dengan Kearifan Lokal 

BELITUNG TIMUR ; Program Tentara Manunggal Masuk Desa {TMMD} ke 101 yang dilaksanakan di Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur berlangsung lancar. Selain mengerjakan pembangunan fisik dan non fisik, tim satgas TMMD juga menggelar lomba kearifan lokal yaitu lomba Gobak Sodor di d halaman kantor Desa Batu Penyu, Minggu (15/4/2018).

Gobak Sodor {bahasa daerah} setempat menyebutnya Milut adalah olah raga tradisional masyarakat desa setempat yang hingga sekarang tetap dipertahankan.

Pada kegiatan TMMD ke 101 tahun 2018, lomba Gobak Sodor ikuti hampir seluruh siswa sekolah dasar diantaraya SDN. 12. SDN.13, SDN. 14, SDN. 15 se-Kecamatan Gantung. Lomba ini digelar dengan simtem beregu sebanyak 4 orang, dan 1 orang sebagai pemain cadangan.

Sehari sebelumnya, tepatnya Sabtu 14 April 2018, tim satgas TMMD ke 101 juga menggelar lomba Tari Kreatif di Balai Desa Batu Penyu, yang jumlah peserta masing-masing sebanyak  6 regu, 1 regu masing-masing berjumlah 3 - 6 orang.

Kordinator lomba  Gobak Sodor Serda Asran, seijin Dandim 0414 Belitung Letkol.Kav.Eko Saptono mengatakan kegiatan lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas anak pada usia dini. "Tari kreatif ini sebagai bentuk menumbuh kembangkan rasa kebersamaan didalam gerak dan langkah sesuai dengan iramalagu yang di dengar, juga membangkitkan semangat budaya kearifan lokal, " jelas Asran.  

Lomba Gobak Sador ini, lanjut Serda Asran adalah lomba tentang strategi yang digunakan untuk perang.  "Kalu di sini adalah sebuah permainan yang bersifat olah raga, olah raga beregu dengan gaya permainan menyerang, bertahan dan saling menghadang," ujarnya.

Menurut dia, lomba gobak sodor ini olah raga adu kecerdikan, kekompakandan dan kebersamaan dalam sebuah tim dan patut dilestariakn.

Terpisah, Marta Winarta, guru pendamping siswa SDN 12 membenarkan bahwa lomba Gobak Sodor merupakan permainan yang dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya. "Untuk itu, kita perlu saling kerja sama dan saling menghargai tuk bangkitkan budaya kearifan lokal agar tetap lestari," imbuhnya.

Ia berharap, olah raga tradisional gobak sodor atau disebut orang kampung permainan Milut tetap dipertahankan sebagai warisan budaya asli daerah. " Gobak Sodor perlu dilestarikan dalam kegiatan tradisional dan tetap tumbuh dalam kearifan lokal kedepannya," pungkas  guru Marta seraya menyebutkan bahwa potensi lain bisa dimunculkan atau membangkitkan kearifan lokal pada even-even yang lain selain di TMMD. (Niza Karyadi)

 

 

 

back to top
Info for bonus Review William Hill here.