Menu

Korem 121/Abw Gelar Program Penghijauan di Kabupaten Sintang

  • Written by 
Korem 121/Abw Gelar Program Penghijauan di Kabupaten Sintang

SINTANG; Jajaran Korem 121- Alambhana Wanawai (Abw) mengkampanyekan gerakan penghijauan di lahan bekas tambang ilegal  Tebelian, belum lama ini. Gerakan penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakan hari juang Kartika Ke-72 tahun 2017.

Kegiatan penghijauan dibuka oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw mewakili Komandan Korem (Danrem) 121/Abw Brigjen TNI Bambang Ismawan di Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat.
 
Kasrem 121/Abw Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw mengatakan, kegiatan penghijauan kali ini digagas Korem 121 untuk mengajak semua elemen masyarakat Sintang menanam pohon Belian dan Trembesi yang merupakan pohon penghasil oksigen.
 
“Pohon tersebut juga sebagai peneduh dan menghasilkan kayu yang berkualitas. Penanaman pohon ini merupakan langkah yang sangat baik untuk penghijauan,” kata Kasrem 121-Abw.

Kolonel Czi Arnold A.P. Ritiauw menuturkan, bahwa penanaman pohon yang dilakukan oleh jajaran Korem tidak hanya di jalan masuk bandara Tebelian saja, tetapi juga di Kelurahan Sengkuang, Kecamatan Sintang (bekas tambang emas ilegal (PETI) yang sudah terbengkelai).

“Gerakan penanaman pohon di bekas galian tambang di Sintang dan sekitarnya akan terus kita lakukan,” ucapnya.

Menurut Kasrem, dengan adanya penghijauan ini semoga jalan masuk ke bandara Tebelian termasuk bekas tambang emas ilegal akan terlihat asri dan rindang.

"Disamping itu juga akan berdampak pada lingkungan hidup dan keindahan alam sekitar,” harapnya.
 
Sementara itu, Bupati Sintang yang diwakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang Darmanata memberikan apresiasi atas upaya Danrem 121-Abw menggagas gerakan penghijauan beserta di Kabupaten Sintang.

“Pemkab Sintang dukung kegiatan penghijauan lingkungan sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Sintang saat ini. Kami berterima kasih kepada pihak TNI, dalam hal ini Korem 121/Abw dan jajarannya yang telah mencanangkan program penghijauan ini,” ujarnya.
 
Lebih jauh Darmanata menuturkan, bahwa ini merupakan tugas bersama untuk mewujudkan Sintang terbuka hijau. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Sintang, salah satu dengan menciptakan daerah terbuka hijau. 

“Karenanya diperlukan kerja sama semua pihak untuk saling bahu-membahu membumikan budaya menanam pohon di Kabupaten Sintang,” ucapnya.
 
Turut hadir dalam acara tersebut, diantaranya Kasiter Korem 121/Abw Kolonel Inf Jacky Aristianto, Dandim 1205/Stg, Kapolsek Sungai Tebelian, Forkopinda Sintang, Kepala Bank Mandiri, Ketua FKPPI Sintang dan para prajurit serta pelajar. (red)

back to top
Info for bonus Review William Hill here.