Menu

Paket Kebijakan di Ruas Tol Jagorawi dan Janger Mulai Diuji Coba Hari ini

JAKARTA ; Paket kebijakan yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), dan Ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang (Janger) pada hari ini, Senin 16 April 2016 mulai dilakukan uji coba penerapannya.

Pelaksanaan paket kebijakan di Ruas Jalan Tol Jagorawi dan Ruas Jalan Tol Janger merupakan wujud sinergi antar lembaga. Yakni Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, BPTJ, BPJT, Korlantas Polri dan Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, paket kebijakan yang diterapkan di Ruas Jalan Tol Jagorawi dan Janger merupakan bentuk upaya Pemerintah menanggulangi kepadatan yang kerap terjadi di jalan tol. Terutama pada jam-jam sibuk. Ia berharap, penerapan paket kebijakan tersebut dapat menurunkan V/C Rasio dan meningkatkan kecepatan rata-rata kendaraan di jalan tol.

“Dengan adanya paket kebijakan ini, artinya Pemerintah hadir terhadap permasalahan transportasi. Kami berharap bahwa arus lalu lintas di jalan tol menjadi lebih terdistribusi, sehingga rata-rata kecepatan kendaraan di jalan tol dapat ditingkatkan,” ujarnya lewat siaran pers, Senin (16/4).

Menurutnya, pada tahap uji coba perdana paket kebijakan yang rencananya akan terus dilakukan hingga akhir bulan April 2018 sebelum diterapkan secara efektif pada awal bulan Mei 2018. Situasi lalu lintas di GT Cibubur 2, GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2 terpantau lancar dan kondusif. “Hal tersebut dikarenakan seluruh stakeholder yang terlibat telah mengerahkan personelnya untuk membantu dan memastikan proses uji coba paket kebijakan tersebut berjalan tanpa kendala,” tuturnya.

Untuk memastikan penerapan uji coba paket kebijakan tersebut berjalan lancar, Jasa Marga  melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Khususnya pengguna jalan tol, berupa pembagian flyer di GT Cibubur 2, GT Tangerang 2, dan GT Kunciran 2, pemasangan spanduk pada titik-titik tertentu. Menggunakan berbagai saluran media yang dimiliki oleh Perseroan.

Meski begitu, paket kebijakan tersebut tidak akan berjalan efektif tanpa keterlibatan masyarakat. Oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau masyarakat dan pengguna jalan tol agar bersama-sama mendukung program ini. Pengguna jalan tol diharapkan mematuhi peraturan yang telah diterapkan. Menggunakan bus Transjabodetabek Premium yang telah disediakan untuk mengurangi kepadatan di ruas-ruas yang diberlakukan paket kebijakan tersebut.

Paket kebijakan yang diuji coba di Ruas Jalan Tol Jagorawi dilakukan di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2, meliputi ; 

Pertama, skema ganjil-genap di Gerbang Tol (GT) Cibubur 2 arah Jakarta, pada pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali hari libur nasional.

Kedua, penerapan Lajur Khusus Kendaraan Umum (LKAU) dari Bogor-Pasar Rebo arah Jakarta setiap pukul 06.00-09.00 WIB setiap hari Senin-Jumat kecuali libur nasional.

Ketiga, pengembangan rute JR Connexion di lokasi perumahan prioritas, yakni Legenda Wisata, Citra. {abus tarbian}

 

Read more...

Jalan Tol Japek II, Jasa Marga Targetkan Pengoprasian 2020

JAKARTA; PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pertama, di Kantor Pusat Jasa Marga, Jumat (26/1).

Salah satu agenda dalam RUPS pertama tersebut adalah mengesahkan Dewan Komisaris dan jajaran Direksi PT JJS, selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yang mengelola jalan tol sepanjang 64 Km tersebut.

"Jalan tol ini dibangun sebagai solusi dari kerap terjadinya penumpukan kendaraan di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru.

Selain itu, jika sudah rampung, kata Dwimawan, jalan tol yang pembangunannya ditargetkan akan dimulai pada Desember 2018, bisa menjadi jalan alternatif dari Jakarta menuju Bandung, atau sebaliknya.

Sebelumnya, Jasa Marga melalui anak usahnya, yaitu PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (PT JJC), telah menginisiasi proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II _(Elevated)_ sebagai solusi bagi penumpukan yang kerap terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan adalah jalan tol yang membentang dari Jatiasih sampai dengan Sadang, yang sahamnya dipegang oleh konsorsium PT Jasa Marga sebesar 80 persen dan PT Wira Nusantara Bumi 20 persen.

Pada 2017, selain memenangkan konsesi Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jasa Marga juga memenangi konsesi untuk Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. (abus tarbian)

 

 

 

Read more...

Februari 2018, Jalan Tol Ngawi-Kertosono Diresmikan  

JAKARTA; Pembangunan fisik Jalan Tol Ngawi-Kertosono sepanjang 49,50 Km telah hingga sekarang ini telah mencapai 98.5 persen. PT Ngawi Kertosono Jaya (NKJ) sudah melakukan pembebasan lahan mencapai 99,88 persen.

"Kami optimis dapat dioperasikan penuh pada bulan awal Februari 2018, sehingga dapat digunakan sebagai jalur alternatif ketika mudik Lebaran 2018," ujar Direktur Utama PT NKJ Iwan Moedyarno, Jumat (5/1/2018).

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, dalam rangka mengupayakan percepatan pembangunan, PT NKJ berusaha mengebut pekerjaan dengan jalan nasional.

Selain itu PT NKJ ingin mempercepat penyelesaian gerbang tol, melengkapi median, rambu dan marka jalan, serta pembangunan tempat peristirahatan.

" Jalan Tol Trans Jawa, khususnya Ruas Ngawi-Kertosono diharapkan membawa peranan penting dalam peningkatan tingkat efisiensi biaya distribusi barang dan jasa," kata Iwan.

Secara keseluruhan, Jalan Tol Ngawi-Kertosono memiliki tiga Gerbang Tol (GT) yang menerapkan sistem transaksi tertutup, yang hanya melayani 100 persen pembayaran tol elektronik atau non-tunai. Ketiga GT yang berada di Ruas Jalan Tol Ngawi-Kertosono yakni GT Madiun, GT Caruban, dan GT Nganjuk.

Menurut Iwan, Jalan Tol Ngawi-Kertosono dengan total panjang 87,5 km, untuk ruas Ngawi-Wilangan sepanjang 49,5 km dikerjakan pembangunannya oleh PT NKJ dengan nilai investasi Rp 3,83 triliun. Adapun sisanya yakni, Ruas Wilangan-Kertosono sepanjang 37 km dikerjakan dan sumber pendanaannya ditanggung oleh Pemerintah.(abus tarbian)

 

Read more...
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.